Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Thariqah Al-Mubassyarah (Metode Langsung) di Mts Al-Hidayah

Authors

  • Alliva Zamzami Nur Maulida Bimbingan dan Konseling Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
  • Linda Halimatu Sadiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Arab, Metode Thariqah Al-Mubasyarah

Abstract

Pembelajaran substansinya adalah proses mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang pembimbing terhadap siswa dan siswi dengan memberikan materi. Dengan kata lain bahwasannya pembelajaran merupakan sebuah upaya seorang pembimbing dalam menciptakan proses pembelajaran dengan situasi dan kondisi yang kondusif untuk mencapai tujuan. Bahasa Arab merupakan salah satu Bahasa dunia yang telah mengalami perkembangan di kalangan masyarakar, karena Bahasa Arab memiliki keistimewaan dan keunggulan dari Bahasa lainnya, salah satu nya menjadi Bahasa yang abadi (karena bahasa Arab merupakan Bahasa Al-Qur’an) serta Bahasa Arab menjadi salah satu Bahasa yang di pakai oleh penduduk surga. Maka dari itu kita sebagai umat muslim wajib untuk memahami isi Al-Qur’an dengan cara menguasai dna mengetahui dasar-dasar Bahasa Arab. Direct artinya langsung. Direct method yang di dalam Bahasa arab di sebut dengan Thariqah Al-Mubassyarh atau metode langsung yaitu suatu cara menyajkan materi pelajaran Bahasa Arab di mana guru langsung menggunakan Bahasa tersebut sebagai bahasa pengantar, dan tanpa menggunakan bahasa anak didik sedikitpun dalam mengajar. Jika ada suatu kata-kata yang sulit dimengerti anak didik, guru dapat mengartikan dengan menggunakan alat peraga, mendemonstrasikan, menggambarkan dan lain-lain. Metode ini berpijak dari pemahaman, pengajarkan bahasa asing tidak sama halnya sama mengajar ilmu pasti atau ilmu alam.

References

Andirfa, Mulia. (2018). Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah "Suatu Kajian Terkait Belanja

Farida, A. I. & Raden Faisal M. N. (2019). Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Hasanah, Nuramalia. & Achmad Fauzi. (2017). Akuntansi Pemerintahan. Bogor: In Media

Indonesia.

Kabupaten Subang. Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 11 (2), 107-124

Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Medan: Program Studi Strata 1 Akuntansi Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.

Komite Standar Akuntansi Pemerintahan. (2020). Standar Akuntansi Pemerintahan Republik

Modal, Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Aceh". Lhokseumawe: Unimal Press

Ramadhani, Dizzy, A. S., Nur Hisamuddin., Moch. Shulthoni. (2019). Analisis Rasio Keuangan

Sembiring, Riska Anjani BR. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah

untuk Menilai Kinerja APBDesa (Studi Kasus Desa Bulak Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan). Jurnal Akuntansi Universitas Jember, 17 (1), 1-12

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Maulida , A. Z. N., Sadiah, L. H. ., & Rahman , A. S. . (2023). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Thariqah Al-Mubassyarah (Metode Langsung) di Mts Al-Hidayah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(8), 102–116. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1395

Issue

Section

Articles