Pengembangan Kemampuan Guru dalam Menyusun Administrasi Pendidikan Melalui KKN-DR di Kampung Siderang Legok
Keywords:
administrasi, fasilitator, IPTEK, KKN-DR, pendidikanAbstract
Melalui kegiatan KKN-DR mahasiswa dituntut untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang telah dipelajari selama perkuliahan di kampus. Mahasiswa diharapkan menjadi fasilitator serta motivator dalam pengembangan kemasyarakatan. Salah satu permasalahan yang muncul pada pengabdian yaitu dalam bidang pendidikannya. Adapun keadaan pendidikan di Kampung Siderang Legok masih terbilang belum layak dalam segi fasilitas, SDM, sistem administrasi, serta proses pembelajarannya. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan potensi para pengajar di Kampung Siderang Legok dalam menyusun administrasi pendidikan agar menyelaraskan proses belajar mengajar dengan kurikulum. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Kegiatan ini mendapat respon positif yang ditunjukan oleh antusias para pengajar dalam mengikuti kegiatan tersebut. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pengajar di Kampung Siderang Legok mampu menyusun administrasi pendidikan, guna meningkatkan mutu pendidikan dan selarasnya proses kegiatan belajar mengajar dengan kurikulum nasional.
References
Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA DARI MASA KE MASA. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102-108.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basri, Hasan Drs. M.Ag. 2017. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. 2013. Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi IX.
Hadi, Amirul Drs. & Haryono Drs. H. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Karim, T. 2004. Panduan Kurikulum dan Pengajaran TKA/TPA. Jakarta: LPPTKA BKPRMI Pusat.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Panduan Program KKN-PPM, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dirjen DIKTI.
Pradana, Y & Tsuraya, A. A. (2021). Pembuatan Sistem Administrasi Pendidikan Berbasis Android. Jurnal Multi Media dan IT, 5(1).
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Somawijaya, D. N. (2021). Kompetensi Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Administrasi Pendidikan Di SMK Bhinneka Karawang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 87-94.
Sudarwan, Danim Prof. Dr. 2013. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.Anwar, M. Yusril. 2011. Peranan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Taman Pendidikan Al Qur’an di Pusdiklat TPA Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia, Provinsi Jawa Tengah. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Solo.
Djaelani, Moh. Solikoni. 2013. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat” WIDYA. Vol. 1(2). 100-105.
Gunawan, Ary. 2011. Dalam artikel Kompasiana: Pendidikan Karakter Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA/TPQ). Didapat dari: pendidikan-al-qur-an-tpa-tpq_5500dfbda333117c6f5124af.
Windi. 2009. Kontribusi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Terhadap Pencapaian Kompetensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Hal Baca-Tulis Al- Qur’an. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Muhammad Farhan Husaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.