Penerapan Media Pembelajaran Quizizz Berbasis Pemberdayaan Peserta Didik MI Cisarua Untuk Pembelajaran Materi Pecahan

Authors

  • Rojudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Algi Al-Hanafi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sundari Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wandaningrum Solehah Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Patimah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pemberdayaan, Pembelajaran, Quizizz

Abstract

Di era industry 4.0 dan perubahan pembelajaran yang memanfaat kan sarana internet belum ada penelitian secara nyata terkait bagaimana peran pendidikan berbasis e-learning di desa sukamanis khususnya di MI Cisarua. Melalui hal tersebut peneliti yang merupakan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui kegiatan KKN DR- SISDAMAS melihat dan mengkolaborasikan bagaimana proses pendidikan berbasis pemberdayaan masyarakat MI Cisarua di era covid 19. Metode penelitian yang dipilih merupakan metode SISDAMAS dimana terdapat siklus-siklus KKN Sisdamas yang di usung UIN Sunan gunung Djari bandung. Data penelitian diperoleh melalui observasi terhadap terhadap kelas 5 MI Cisarua yang mengkolaborasikan antara Pendidikan real dengan virtual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui perantara peserta KKN Sisdamas kelompok 190 berupa sosialisasi, pelatihan dan pembimbingan penggunaan Quizizz sebagai media pembelajaran peserta didik kelas 5 MI Cisarua dapat menjadi penggerak bagi rekan-rekan nya sebagai tutor sebaya

References

Ace Suryadi. 2007. PEMANFAATAN ICT DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 83-98. Universitas Krisnadipayana.

Eka Putri, D., Mahluddin, M., & Imran, I. 2021. “PERAN GURU MENGHADAPI KESULITAN ORANGTUA DALAM MEMBIMBING PESERTA DIDIK BELAJAR DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWARAH.” (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Fonna, N. 2019. Pengembangan Revolusi Industri 4.0 Dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Hanafi, Ahmad. 2020. “Jurnal Pendidikan Dasar Jurnal EduBase Kecenderungan Anak Bermain Gawai Hubungannya Dengan Motivasi Dan Prestasi Belajar.” 1: 30–40.

Hanoatubun, S. 2020. “Dampak Covid–19 Terhadap Prekonomian Indonesia.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 146-153.

Huraerah, A. 2008. “Pengorganisasian & Pengembangan Masyarakat (Model & Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan).” Pendidikan Anggota IKAPI mencerahkan kehidupan.

LP2M. 2021. Juknis KKN DR UIN BANDUNG.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Sutikno, S, Baihaqi, I, Yusuf, M, & Sari, N. I. 2019. “Pemetaan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Kampus ITS Surabaya.” IPTEK Journal of Proceedings Series, (2).

Teofila Pramesthi Ningrum, T. P. N. 2017. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-BOOK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (SD).” (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Hakim, M. 2021. “PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA IT KOTA BENGKULU.” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Zhao, F. “Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom.” International Journal of Higher Education, 8(1), 37-43.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Rojudin, Al-Hanafi, M. A. ., Sundari, Solehah, W., & Patimah, N. . (2022). Penerapan Media Pembelajaran Quizizz Berbasis Pemberdayaan Peserta Didik MI Cisarua Untuk Pembelajaran Materi Pecahan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1347

Issue

Section

Articles