Pengabdian Pendidikan Melalui Pembelajaran Umum dan Pelatihan ICT bagi Santri Pesantren Al Huda Sumedang
Keywords:
Pengabdian, Pembelajaran, Pelatihan ICTAbstract
Pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh penulis sebagai mahasiswa dalam dunia pendidikan adalah melaksanakan kegiatan KKN. KKN adalah suatu program praktek mahasiswa perguruan tinggi sebagai bentuk integrasi dari pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian Penulis ini membahas tentang pembelajaran umum dan pelatihan ICT kepada santri Pesantren Al-Huda. Adapun tujuan dari tulisan ini adalah untuk membantu tenaga pengajar mengefektifkan kinerja pembelajaran dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menggunakan teknologi berupa laptop atau komputer serta mengerti dalam pembuatan surat menyurat dan tata usaha di sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi ceramah, praktik, tanya jawab dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa pembelajaran umum dan pelatihan ICT efektif dan memberikan pengetahuan khususnya bagi tata usaha mengenai proses pembuatan surat-menyurat yang benar hingga dipraktekkan secara langsung oleh peserta didik.
References
Amirudin, A. (2015). Pemanfaatan Information And Communication Technologies (ICT) Dalam Pengelolaan Administrasi Sekolah (Studi Pada SMAN 5 Bandar Lampung). Al- Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 19-34.
Buntoro, Ghulam, A., Dwiyono, Ariyadi., Indah, Puji, A. (2018). Pemanfaatan E-Learning Quipper School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 157-167.
Falabiba, Ninla, E . (2019).Pelatihan Komputer Program Microsoft Excel 2013 Pada SMAN 12 Banjarmasin. 1, 5–10.
Hanifah, H. (2020). Digitalisasi Sistem Administrasi Perpustakaan Studi Kasus SMK Negeri 1 Sambi Boyolali. Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hasrah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN. Phinisi Integration Review, 2(2), 238. https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.10002
Hayati, S. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Active Learning Melalui Pembelajaran Kooperatif. Magelang: Graha Cendekia.
Kingsley, Nnaekwe, U., Ugwu, P. (2019). The Concept And Application Of ICT To Teaching/Learning. International Research Journal of Mathematics, Engineering and IT, 6(2), 11.
Livingstone, S. (2012). Critical reflections on the benefits of ICT in education. Oxford Review of Education, 38(1), 9–24. https://doi.org/10.1080/03054985.2011.577938
Pratami, Risti., Setiyaji, Nugroho., Mustiningsih. (2017). Pengaruh penyusunan jadwal pada jenjang pendidikan dasar terhadap efektivitas pembelajaran peserta didik. 5, 249–258.
Rahmat, A. 2014. Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Gorontalo: Ideal Publising.
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 381–387.
Voogt, J., & Pelgrum, H. (2005). ICT and Curriculum Change. Human Technology: An Interdisciplinary Journal on Humans in ICT Environments, 1(2), 157–175. https://doi.org/10.17011/ht/urn.2005356
Yusuf, M. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.