Penyuluhan Penggunaan Microsoft Excel dalam Mengolah Laporan Kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Desa Kertamulya

Authors

  • Diki Muhammad Iqbal Program Studi Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dita Nirvana Arista Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hanna Salsabila Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sella Qori Nur Handayani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Laporan Kegiatan, Microsoft Exel, Penyuluhan

Abstract

Kemampuan teknologi informasi di era globalisasi saat ini menjadi syarat yang harus dipenuhi oleh semua kalangan dalam sebuah organisasi. Organisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi salah satu organisasi yang digerakan oleh ibu-ibu desa dan mempunyai tugas salah satunya untuk melakukan Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU). Masalah yang hari ini terjadi di PKK Desa Kertamulya yaitu kurangnya memahami penggunaan aplikasi yang biasa digunakan dalam pembuatan laporan POSYANDU, laporan yang dibuat masih dikerjakan secara manual menggunakan media tulisan di kertas. Microsoft Excel yang menjadi aplikasi utama dalam membuat laporan belum dikuasai oleh ibu PKK dan menjadikan kinerja PKK kurang efektif. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengabdian sesuai dengan siklus-siklus yang harus dilaksanakan dalam program pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (SISDAMAS) LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil dari kegiatan yaitu adanya pemahaman kepada ibu PKK terkait pemanfaatan dan penggunaan microsoft excel yang di kemudian hari harapannya bisa menjadi media untuk mengerjakan laporan agar lebih mudah dan praktis.

References

Aslichati, L. (2011). Organisasi Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga Sebagai Sarana Pemberdayaan Perempuan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 7 (1), 1-2.

Badan Permusyawaratan Desa. (2011). Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa. Bandung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2021). Website Desa. Retrieved from Sejarah Desa: http://kertamulya-padalarang.desa.id/sejarah-desa

Kertamulya, K. D. (2021, Agustus 03). Pembukaan KKN DR bersama Tokoh Desa Kertamulya. (M. KKN, Interviewer)

Marlinda., d. L. (2019, Januari 15). Implementasi Microsoft Word Untuk Mengolah Laporan Kegiatan. JURNAL ABDIMAS UBJ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 62.

Muasomah, S. d. (2021). Pemanfaatan Microsoft Excel Dalam Membantu Penyusunan Laporan Keuangan di TPQ An-Najah Tirto Pekalongan. AL KHIDMAT : JURNAL ILMIAH PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4 (1), 29.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2 (1), 34.

Peraturan Mentri Agama, 4 tahun 2020 (2020).

SGD, S. C. (2021, Juli). Pembekalan KKN DR. (Mahasiswa, Interviewer)

Sukplang, S. (2013, Februari 03). Retrieved from 10 Negara terhebat di Dunia: http://top10newsworld.blogspot.com/20

Tim Ahli KKN DR. (2021). Pembekalan KKN DR UIN SGD Bandung Tahun 2021 Pada Musim Pandemi Pemitra dengan Gugus COVID-19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Undang Undang Repuplik Indonesia, 12 tahun 2012 (2012).

Unknow. (2020, Desember 12). Top 10 News Word. Retrieved from http://top10newsworld.blogspot.com/2012/11/10-negara-terhebat-di-dunia.html

Mamik Eko Supatmi, Umar Nimran, and Hamidah Nayati Utami, “Pengaruh Pelatihan, Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Dan Kinerja Karyawan,” Profit: Jurnal Administrasi Bisnis 7, no. 1 (2013).

Mustofa Kamil, “Model-Model Pelatihan,” Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2003. Deni Hardianto, “Telaah Kritis Pemanfaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran,” Jurnal Penididkan, 2013.

Richa Septima and Ira Zulfa, “Pelatihan Ilmu Teknologi Komputer Dalam Meningkatkan Kemampuan Administrasi Perangkat Desa

Tan Saril,” JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia) 1, no. 1 (2020): 1–

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Iqbal, D. M., Arista, D. N., Salsabila, H., & Handayani, S. Q. N. . (2023). Penyuluhan Penggunaan Microsoft Excel dalam Mengolah Laporan Kegiatan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Desa Kertamulya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(4). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1320

Issue

Section

Articles