Optimalisasi Pendidikan di Desa Nagrog Melalui Modifikasi Perilaku Psikologi

Penulis

  • Indira Damayanti Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nanis Khoerunnisa Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nasya Ghinatun Nafsi Program Studi Akuntasi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Edi Komarudin Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kegiatan Belajar Mengajar, Modifikasi Perilaku, Pendidikan, Tenaga Pengajar

Abstrak

Pendidikan merupakan bekal penting bagi individu untuk dapat membangun peradaban yang layak dimulai dengan pengembangan kemampuan, berwawasan serta berbudi pekerti. Kualitas pendidikan dapat dipengaruhi oleh kondusifnya kegiatan belajar mengajar. Salah satu hal penting penunjang terciptanya kegiatan belajar mengajar yang kondusif ialah tenaga pengajar sehingga apabila jumlah tenaga pengajar dan peserta didik tidak seimbang dapat menjadi masalah. Tepatnya di Desa Nagrog, kekurangan tenaga pengajar menjadi masalah dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari kegiatan KKN-DR yang telah dilaksanakan ialah mengenai optimalisasi pendidikan di Desa Nagrog melalui prosedur modifikasi perilaku psikologi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah pengumpulan data merujuk pada langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh pusat pengabdian LP2M. Hasil pengabdian ini didapati bahwa hadirnya mahasiswa peserta KKN dapat menjadi menambah kuantitas tenaga pengajar serta metode pengajaran yang diterapkan oleh mahasiswa peserta KKN dapat memberikan dampak yang positif terhadap kegiatan belajar mengajar disana.

Referensi

Disemadi, H.S. & Romadona, H.G. (2021). Kajian hukum hak pencipta ajian hukum hak pencipta terhadap desain grafis gratis yang dipergunakan kedalam produk penjualan di Indonesia. Jurnal Meta-Yuridis, 4(2). Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/meta-yuridis/article/view/8167/4472 . Hlm 56

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). Perkembangan kognitif menurut Jean Piaget Dan implikasinya dalam pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). doi:10.24929/alpen.v3i2.30

Jumrawarsi., & Suhaili, N. (2020). Peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ensiklopedia Education Review. 2(3).

Masing, M., & Astuti, K. (2021, June). Putus sekolah sebagai tantangan pendidikan daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdepan). In Seminar Nasional Psikologi UM (Vol. 1, No. 1, pp. 140-148). Yogyakarta: Universita Mercu Yogyakarta

Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification : Principles and Procedures. Belmont : Cengage Learning.

Mustika, Z. (2015). Urgenitas media dalam mendukung proses pembelajaran yang kondusif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Sa’adah, F., & Azizah, D.D. (2021). Aplikasi hakikat teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1-10

Sudja, I.N. (2013). Pembelajaran demokratis menuju profesionalisme guru. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(2). 213-225.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1). Semarang: Universitas Negeri Semarang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Damayanti, I. ., Khoerunnisa, N., Nafsi, N. G. ., & Komarudin, E. (2023). Optimalisasi Pendidikan di Desa Nagrog Melalui Modifikasi Perilaku Psikologi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(6). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1310

Terbitan

Bagian

Articles