Penguatan Bahasa Dan Keislaman Pada Anak Usia 5-12 Tahun Di Rw 09 Bojong Menteng

Authors

  • Dewi WulanSari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fany Novianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hanifa Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasna Nurul Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irlia Fadhlurrahmah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdul Hannan Ef UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

penguatan, pendidikan, keislaman, bimbel

Abstract

Corona virus atau virus covid-19 merupakan virus yang berdampak di hampir semua bidang dalam kehidupan, termasuk bidang pendidikan dan kerohanian. Anak – anak yang terbiasa bersekolah secara tatap muka terpaksa harus bersekolah dari jarak jauh (daring). Sekolah daring sangat berdampak bagi turunnya semangat dan keinginan anak untuk belajar, terutama bagi anak – anak di tingkat TK dan SD.  Untuk itu, kegiatan penguatan bahasa dan keislaman pada anak usia 5 -12 tahun di RW 09 bertujuan untuk meningkatkan kembali semangat belajar, menambah wawasan mengenai bahasa asing, dan memperkenalkan keislaman. Kegiatan ini dikemas dengan metode yang menyenangkan, dimulai dari belajar sambil bermain, hingga penayangan video animasi menarik tentang keislaman.

References

Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Haryanto, D. N. (2021, August 13). PENDIDIKAN KARAKTER: Pengertian Pendidikan Karakter. Ruangguruku. https://ruangguruku.com/pengertian-pendidikan-karakter/

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Abdi, Nurul Sartria, Dkk. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Notoprajan, Ngampilan, Yogyakarta Dalam Program Pengembangan Jam Belajar Masyarakat. Yogyakarta : Artikel KKN UAD

Irmawati, Ais. (2017). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Vol 2, No. 1.

Nurhidayat, Siyang. (2016). Tanggapan Masyarakat Terhadap Program Jam Belajar Masyarakat di RW 9 Gunungketur Pakualaman Yogyakarta. Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Edisi 1, 20

Wigati, Tutut.(2017). Pengaruh Pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat dan Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar siswa SD kelas Tinggi di SD Negeri Golo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar : Edisi 12, 2017.

PANDU PANANDITO, P. A. N. D. U., & GUNAWAN SETIADY, G. U. N. A. W. A. N. (2018). ARTIKEL KULIAH KERJA NYATA ALTERNATIF LVIII PERIODE 2017/2018 UNIT II. D. 2 MASJID NOTOPRAJAN KECAMATAN NGAMPILAN DIY. lembaga pengabdian masyarakat.

Handayani, S., & Ika Yatmikasari, S. S. (2021). PENDIDIKAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 KAMPUNG WAAS TONGGOH LAPORAN Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas). Maslahat Bersama KKN Dari Rumah, 219.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34.

Akmaliyah. (2016). MODEL DAN TEKNIK PENERJEMAHAN KALIMAT BAHASA ARAB. Jurnal al-Tsaqaf, 127.

Caraka, P. B., YULITA, Y., Zakilah, Z., MELINDA RUSTANDI, B. E. L. L. A., RISKI LESTARI, F. A. T. L. U., INDAH PERMATASARI TRIYADI, R. I. Y. A., & AMELIA, P. (2018). Artikel KKN ALTERNATIF, Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta, Program Bimbingan Belajar Masyarakat, Divisi III. C. 2 2018. Artikel KKN ALTERNATIF UAD DIVISI III. C. 2 PERIODE 61, 9(1), 1-9.

Downloads

Published

2021-11-29

How to Cite

WulanSari, D. ., Novianti, F. ., Azizah, H. ., Afifah, H. N. ., Fadhlurrahmah, . I. ., & Hannan Ef, A. . (2021). Penguatan Bahasa Dan Keislaman Pada Anak Usia 5-12 Tahun Di Rw 09 Bojong Menteng. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(12), 68–80. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/131

Issue

Section

Articles