Pemberdayaan Ekonomi Desa Ridomanah dalam Mencapai Sustainable Development Goals (SDGS)

Penulis

  • Indah Aurellia Putri Sahara Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kaela Meta Ramadhani Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pengabdian, Perekonomian, SDGs

Abstrak

Substainable Development Goals (SDGs) merupakan program aksi global yang akan dijadikan acuan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Terlebih dalam pemberdayaan sektor ekonomi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat serta mensejahterakan masyarakat yang mana nantinya akan membantu perputaran roda perekonomian dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Ridomanah. Adapun tujuan pengabdian untuk bekerjasama dalam memberdayakan masyarakat dalam sector ekonomi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan. Adapun metode pengabdian dilakukan dengan sosialisasi, wawancara dan mengamati secara berkelanjutan. Dapat diperoleh hasil dari pengabdian yaitu pemberdayaan masyarakat dalam hal ekonomi sebagai upaya mendukung tercapainya SDGs. Pemberdayaan masyarakat di Desa Ridomanah tidak secara langsung mencapai target SDGs, tetapi mampu mendorong perkembangan ekonomi masyarakat Ridomanah.

Referensi

Bappenas. 2017. Metadata indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia Pilar Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Kementerian PPN.

Hudaya & Astuti. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Desa Pandanarum Untuk Mewujudkan SDGs Ekosistem Daratan. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan 17 (3).

Jalaali, Bahrul. 2021. Implementasi Visi Sustainable Development Goals (SDGs) Pada Program Berbasis Masyarakat Di Era Pandemi. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Pramudyo, A. 2014. Mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean tahun 2015. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 2(2).

Trimulanto & Nuringsih. 2019. Keterkaitan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dengan Agenda Sustainable Development Goals (SDGs). AL-MASHRAFIYAH: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 3(2)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Sahara, I. A. P. ., & Ramadhani, K. M. . (2023). Pemberdayaan Ekonomi Desa Ridomanah dalam Mencapai Sustainable Development Goals (SDGS). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(6). Diambil dari https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1309

Terbitan

Bagian

Articles