Menerapkan Adab Kepada Anak-Anak Pengajian Terhadap Al-Qur’an Melalui Sosialisasi dan Pembuatan Meja Baca Al-Qur’an di Mushala Al-Barokah

Authors

  • Fajril Inayah Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rera Agistha P Pengembangan Masyarakat Islam, Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuli Fitriani Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Syubanul K Bahasa dan Sastra Arab, Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wildan Wahyudin Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati
  • Ichsan Budiman Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur’an, Anak-anak, Mushala Al-Barokah

Abstract

Pada pengabdian ini terdapat masalah krusial berupa tindakan tidak pantas yang dilakukan oleh anak-anak terhadap Al-Qur’an. Pengabdian ini difokuskan pada pengajaran Al-Qur’an terhadap anak- anak dan menanamkan serta menumbuhkan etika dan moral kepada mereka untuk mengurangi tindakan buruk yang dilakukan oleh mereka terhadap Al-Qur’an. Pengabdian ini dilakukan secara langsung turun ke lapangan dan berbaur untuk mengetahui tingkah laku dan tindakan anak-anak dalam memperlakukan Al- Qur’an. Tujuan dari pengabdian ini adalah membangun karakter yang baik kepada anak-anak agar memperlakukan Al-Qur’an dengan benar. Bagian akhir pengabdian ini berupa pemecahan masalah dan solusi yang dibuat untuk mengurangi tindakan buruk yang dilakukan anak-anak terhadap Al-Qur’an. Pengabdian ini dilakukan di Mushala Al-Barokah Desa Cikumpay.

References

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016).

MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Al Subhani, Muhammad Ali. 1970. al-Tibyan Fi Ulum Quran. Beirut: Dar al-Irsyad.

Al-Attas. 1996. Konsep Pendidikan Dalam Islam. Terj. dari Bahasa Inggris oleh Haidar Bagis Bandung: Mizan.

Anshori. 2013. Ulumul Quran. Jakarta: Rajawali Press

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Kholik, A dan Mahruddin, A. 2013. "Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta'lim Al- Muta'Allim" dalam jurnal Sosial humaniora ISSN 2087-4928 Vol.4, Nomor.1 (halaman 25-33). Bogor : Universitas Djuanda Bogor.

Lufaefi. 2021. "Adab Lebih Tinggi Daripada Ilmu, Begini Menurut Islam". https://akurat.co/adab-lebih-tinggi-daripada- ilmu-begini-menurut-islam?page=2, diakses pada 08 September 2021 pukul 14.00.

Nasir, Sahilun A. 1991. Tinjauan Akhlak, Cet. 1. Surabaya: Al-Ikhlas.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bnadung: Akatiga.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Inayah , F. ., Agistha P, R., Fitriani, Y. ., Syubanul K , D., Wahyudin , W. ., & Budiman , I. . (2023). Menerapkan Adab Kepada Anak-Anak Pengajian Terhadap Al-Qur’an Melalui Sosialisasi dan Pembuatan Meja Baca Al-Qur’an di Mushala Al-Barokah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(5), 1–11. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1296

Issue

Section

Articles