MENANAMKAN PENDIDIKAN DAN NILAI-NILAI ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dewi Sri Mulyani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ramdani Wahyu Sururie UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

pengabdian, pendidikan, covid-19

Abstract

Pelaksanaan KKN-DR dilakukan karena saat ini masih dalam masa pandemi covid-19 sehingga dilaksanakan di daerah masing-masing. Bentuk pengabdian aktivitasnya ialah sesuai dengan kemampuan dan keahlian mahasiswa pada masing-masing program studi peneliti. Karena banyak kegiatan yang dihentikan sementara termasuk belajar-mengajar, maka peneliti mengangkat judul menanamkan pendidikan dan nilai-nilai islam di era pandei covid-19. Tujuan dari pengabdian ialah ingin meneliti pentingnya pemberdayaan masyarakat dengan menghidupkan kembali rutinitas dalam bidang keagamaan. Metode yang digunakan ialah pembelajaran keagamaan dengan berbasis aplikatif belajar sambil bermain. Hasil dari penelitan ialah penanaman pendidikan dan nilai-nilai keislaman tertama kepada anak-anak menjadi sangat signifikan. Anak-anak menjadi mengetahui ilmu tajwid, semakin lancar membaca iqra’ dan Al-Quran. Anak-anak juga menjadi kaya akan pengetahuan dasar agama mengenai iman, islam dan ihsan serta dapat melafalkan doa-doa dalam kegiatan sehari-hari. Tak hanya itu, di Pondok Pesantren juga kegiatannya menjadi lebih hidup meskipun dalam situasi pandemi covid-19.

References

Al-hakim, Rasyid Ridlo. 2020. Pencegahan Penularan Covid-19 Berbasis Aplikasi Android Sebagai Implementasi Kegiatan KKN Tematik Covid-19 di Sokanegara Purwokerto Banyumas. Banyumas: Comunity Engagement & Emergence Journal.

Haryani, Tiyas Nur & Hidayat, Bima Maulana Rahmad. 2020. Kuliah Kerja Nyata Covid-19 Sebagai Agen Informasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Masyarakat. Surabaya: Jurnal Abdidas.

Wijayanti, Murti & dkk. 2020. Pembelajaran Perguruan Tinggi Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19. Bekasi: Jurnal Kajian Ilmiah (KJI).

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Mulyani, D. S., & Sururie, R. W. (2021). MENANAMKAN PENDIDIKAN DAN NILAI-NILAI ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(8), 40–50. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/128

Issue

Section

Articles