Peningkatan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Melanjutkan Pendidikan Terhadap Anak dan Remaja Putus Sekolah di Rw 03 Desa Bangbayang
Keywords:
Pemberdayaan masyarakat, Pendidikan, Pandemi covid-19Abstract
Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pemberdayaan masyarakat ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, baik bagi mahasiswa itu sendiri juga bagi masyarakat pada umumnya apalagi dimasa pandemi ini. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis pemberdayaan masyarakat ini yang dilaksanakan di wilayah RW 03 Desa Bangbayang Kabupaten Cianjur ditemukan sejumlah permasalahan terutama di bidang pendidikan seperti kurangnya pemahaman dalam memahami mata pelajaran yang didapatkan dari sekolah akibat pembelajaran jarak jauh, rendahnya motivasi belajar dan ditambah lagi pola pikir yang ada di masyarakat menjadi penghambat proses anak atau remaja untuk melanjutkan pendidikan. Sehingga dampak yang ditimbulkan pun anak atau remaja menjadi malas dan kurang memahami arti pentingnya nilai pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian ini upaya yang dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran anak atau remaja untuk melanjutkan sekolah adalah dengan pendekatan kepada anak atau remaja tentang pentingnya melanjutkan pendidikan menggunakan media visual dan adanya aktifitas pembelajaran. Hasil kegiatan pemberdayaan masyarakat ini mewujudkan perencanaan program peningkatan kesadaran bagi masyarakat dan mereka yang putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.
References
Noor, munawar (2011). Pemberdayaan masyarakat. Jurnal ilmiah civis, volume I, no 2, juli.
Emzir, (2010). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualikatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Husnul Qodim, 2021. Petunjuk Teknis KKN DR 2021. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Risky Asri Oktaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.