Edukasi Pendidikan dan Kesehatan Anak Usia Dini di Kp.Patrol Kec. Leuwigoong - Garut

Authors

  • Kurniawan Azis Ilmu Hadits, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indarto Indarto Universtas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Edukasi, Program Kerja

Abstract

Covid-19 diketahui menyebabkan infeksi saluran pernafasan manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), Penyebaran virus Covid-19 meningkat semakin cepat melalui tetesan air liur serta keluar dari hidung ketika orang yang terinfeksi mengalami batuk atau bersin. Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Kampung Patrol RW 06 Desa Karanganyar Kecamatan Leuwigoong Kabupaten Garut adalah minimnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah serta acuh dalam pendidikan. Lokasi tersebut merupakan kawasan yang cukup ramai penduduk. Oleh karena itu, perlunya peningkatan pemahaman Covid-19 serta pentingnya pendidikan bagi anak-anak sekolah pada Era Covid-19. Salah satu program yang diterapkan di Kampung Patrol adalah Bimbingan Belajar Masyarakat. Tujuan diadakannya program ini ialah : 1) Untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan; 2) Untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) Untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi di Masa Pandemi ini. Hasil dari program ini adalah antusias dari anak-anak dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, program ini juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah secara online (daring) serta dalam pendidikan agamanya.

References

Hamka, Buya. 2015. Lembaga Hidup. Jakarta: Republika. Hal. 43.

Haryadi, Didik dkk. 2020. Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Yogyakarta: MBridge Press.

Mulyana, dkk. 2020. Pembelajaran Jarak Jauh Era Covid-19. Jakarta: Litbangdiklat Press.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualiatas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siahaan, Matdio. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No. 1, Hal. 1-3.

Suherman, Uman dkk. 2019. Tantangan Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung: LEKKAS. Hal. 17.

Sulisworo, Dwi. 2020. Praktik Pembelajaran Online Era Covid-19. Yogyakarta: CV MARKUMI.

Syah Aji, Rizqon Halal. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan , dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya SYAR-I, Vol 7, No. 5. Diakses pada 04 September 2021 pukul 10.05 http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/view/15314/0

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Azis , K. ., & Indarto, I. (2022). Edukasi Pendidikan dan Kesehatan Anak Usia Dini di Kp.Patrol Kec. Leuwigoong - Garut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(63), 66–76. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1271

Issue

Section

Articles