PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT DESA HANTAKAN PASCA BENCANA BANJIR MELALUI PROGRAM TRAUMA HEALING

Authors

  • Hardiyanti Ulfa Trianur Trianur UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurul Afisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dinda Eldina Aulia Rahmadanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khairunnisa Rahmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tiara Nur Laila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

banjir, trauma, edukasi

Abstract

Desa Hantakan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Sungai Hulu Tengah merupakan wilayah dataran yang rendah. Menurut Satu Data Banua, Provinsi Kalimantan Selatan, Kabupaten Sungai Hulu Tengah memiliki ketinggian wilayah sekitar 9 meter diatas permukaan laut. Pada awal tahun 2021, Desa Hantakan mengalami musibah banjir yang besar sehingga mengakibatkan dampak psikologis paska bencana bagi warga seperti adanya rasa cemas, takut bahkan mengalami trauma apabila hujan turun dengan intensitas yang lama. Trauma terhadap korban bencana alam tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Agar korban bencana dapat melanjutkan hidupnya secara normal diperlukan trauma healing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengedukasi masyarakat korban banjir tentang tata cara mengatasi dan menurunkan tngkat kecemasan yang dialami warga. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dilakukan secara online maupun offline. Metode online dilakukan pada kegiatan pembuatan materi pamflet edukasi dan sosialisasi, sedangkan metode offline dilakukan pada kegiatan penyebaran pamflet di beberapa titik kumpul Desa Hantakan dan juga kegiatan yang bertujuan menurunkan tingkat kecemasan dan trauma seperti bermain, belajar bersama anak-anak, senam bersama warga usia lanjut dan beberapa kegiatan lainnya. Hasil dari pengabdian ini sebanyak 40% dari target warga yang mengalami trauma telah memperoleh pengetahuan tentang tata cara mengatasi dan menurunkan tingkat kecemasan paska bencana dan diharapkan menjadi bekal warga untuk pencegahan resiko trauma paska kejadian bencana.

References

Andriani, M. 2018. Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengatasi Trauma Healing Bagi Anak-Anak Usia Sekolah Di Pengungsian Pasca Letusan Gunung Sinabung Sumatera Utara. Jurnal Kapita Selekta Geografi. 1(2).

Humaira & Lamusiah, S. 2018. Psikososial Sebagai Bentuk Trauma Healing Untuk Anak-Anak Terdampak Gempa Di Dusun Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Jurnal Pengabdian. 1(1).

Maruti, S, E, dkk. 2021. Upaya Penyembuhan Trauma Pascabencana Pada Anak-Anak Desa Banaran Ponorogo Dengan Permainan Tradisional Dan Tembang Dolanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JURPIKAT). 2(1).

Muliani, Nurintan. 2019. Trauma Healing Persfektif Islam dan Barat (Sufi Healing dan Konseling Traumatik). Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 1(2).

Nawangsih, E. 2014. Playtheraphy Untuk Anak-Anak Korban Bencana Alam Yang Mengalami Trauma (Post Traumatic Disorder/PTSD). Jurnal Ilmiah Psikologi (Psympathic). 1(2).

Qodim, Husnul, dkk. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. LP2M Uin Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung

Rahman, Ade. 2018. Analisa Kebutuhan Program Trauma Healing Untuk Anak-Anak Pasca Bencana Banjir di Kecamatan Sungai Pua Tahun 2018 : Implementasi Manajemen Bencana. 12(7).

Salamor, M, A, dkk. 2020. Trauma Healing Dan Edukasi Perlindungan Anak Pasca Gempa Bagi Anak-Anak Di Desa Waai. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(3).

Wula, Z, dkk. 2021. Trauma Healing Berbasis Bermain Sambal Belajar Bagi Anak-Anak Pasca Badai Seroja Di Pulau Kera. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1).

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Trianur, H. U. T., Afisa, N., Aulia Rahmadanti, D. E., Rahmi, K., & Laila , T. N. (2021). PENINGKATAN KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT DESA HANTAKAN PASCA BENCANA BANJIR MELALUI PROGRAM TRAUMA HEALING. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(8), 33–39. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/127

Issue

Section

Articles