PERAN MAHASISWA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BANTAR GEBANG

Authors

  • Dadang Ahmad Fajar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amory Binawan Sundani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alvira Agatha Putri Ryansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alya Zhafirah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Della Kurnia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Della Kurnia Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fajar Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasna Shofwatun Nada UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Samsul MA Arip UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Mahasiswa, KKN DR, Masyarakat, Perguruan Tinggi

Abstract

Kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat sampai saat ini masih menjadi suatu hal yang dipandang penting, hal ini didasari karena perlunya peran mahasiswa untuk berperan sebagai pelopor, intelektual, motivator serta inisiator di dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang biasa disebut KKN menjadi salah satu bentuk komitmen bagi perguruan tinggi untuk bisa memfasilitasi mahasiswa nya turun dalam pemberdayaan masyarakat. Kondisi pandemi hari ini juga tidak membuat kegiatan KKN berhenti, inovasi baru yang dikeluarkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung membuat mahasiswa tetap bisa melaksanakan kegiatan KKN dari rumah atau disebut sebagai KKN DR. Tujuan dari kegiatan KKN DR ini adalah untuk bisa membantu permasalahan yang terjadi di masyarakat, menjadi pendengar sekaligus pengamat kondisi di suatu daerah, sekaligus memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengabdi di daerah masing masing dan tentunya memberikan mahasiswa banyak pengalaman selama melakukan kegiatan KKN. Metode yang dilakukan dalam kegiatan KKN DR ini adalah Metode Partisipatif dan aksi pada kelompok sasaran, dimana sasaran kegiatan ini adalah anak anak dan juga remaja serta masyarakat sekitar. Beberapa kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat menjadi suatu inovasi sekaligus motivasi yang berasal dari mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan ikut serta dan antusiasnya sasaran kegiatan dalam memberikan respon selama kegiatan KKN DR ini berlangsung.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Fajar, D. A. ., Sundani, A. B. ., Putri Ryansyah, A. A. ., Zhafirah, A. ., Putri, D. K. ., Putri, D. K. ., Ramadhan, F. ., Nada, H. S. ., & MA Arip, M. S. (2021). PERAN MAHASISWA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BANTAR GEBANG. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(71), 108–119. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1252

Issue

Section

Articles