Membangun Partisipatif dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Donasi RW 05 Peduli Anak Yatim

Authors

  • Anastasya Murti Indra Wahyuni Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Aisyah Hanifah Fathhurrohmah Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Dian Istiqomah Susilarini Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Manzilla Khoerunnisa Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ridwan Rustandi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Partisipatif dan Pemberdayaan, Donasi, RW 05

Abstract

Pandemi yang semakin marak tentu mempengaruhi berbagai sektor kehidupan, terutama dalam hal ekonomi dan sosial. Pandemi ini sangat mengguncang masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga membatasi mobilitas dalam bersosialisasi antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu program donasi ini dilaksanakan untuk memenuhi dua tujuan, yakni membangun partisipatif masyarakat untuk membantu perekonomian bagi yang membutuhkan, dan pemberdayaan masyarakat untuk turut berkontribusi dalam kegiatan ini dengan harapan program akan terus berlanjut setelah selesainya KKN-DR SISDAMAS. Pengabdian ini dilaksanakan dengan Metode Pendekatan Sosial dan Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasilnya, program ini efisien dalam membangun partisipatif masyarakat dengan munculnya kedekatan, kesadaran, dan rasa peduli warga RW 05 terhadap sesama. Selain itu, terbangunnya pemberdayaan masyarakat, khususnya organisasi kepemudaan Karang Taruna.

References

Al, D., An, Q. U. R., Sembako, D. A. N., Masa, D. I., Panti, C.-U., Yatim, A., & Fathimah, D. A. R. (2020). Donasi Al Qur’an dan Sembako di Masa Pandemi Covid-19 untuk Panti Asuhan Yatim Dar Fathimah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 16–20.

Andriany, D. (2015). Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (SNEMA) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 32.

Bariadi, L., Zen, M., & Hudri, M. (2005). Zakat dan Wirausaha. Jakarta: CED (Center for Enterprenership Development).

Hudayana, B., Kutanegara, P. M., Setiadi, S., Indiyanto, A., Fauzanafi, Z., Nugraheni, M. D. F., Sushartami, W., & Yusuf, M. (2019). Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Pengembangan Desa Wisata di Pedukuhan Pucung, Desa Wukirsari, Bantul. Bakti Budaya, 2(2), 99–112. https://doi.org/10.22146/bb.50890

Matthoriq, Suryadi, & Rozikin, M. (2014). Aktualisasi Nilai Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pesisir (Studi Pada Masyarakat Bajulmati, Gajahrejo, Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(3), 426–432.

Soekanto, S. (1987). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharto, E. (2005). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Syach, A., Musyadad, V. F., Supriatna, A., Yusuf, R. N., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2021). Upaya Menumbuhkan Kesalehan Sosial melalui Program Peduli Yatim. Jurnal Abdidas, 2(3), 694–699.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Wahyuni, A. M. I., Fathhurrohmah, A. H., Susilarini, D. I., Khoerunnisa, M., & Rustandi, R. (2022). Membangun Partisipatif dan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Donasi RW 05 Peduli Anak Yatim. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(61), 36–46. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1226

Issue

Section

Articles