Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penanaman Sayuran di Lahan Kosong Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kampung Kubang Bango

Authors

  • A. Maulana Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ega Novitasari Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Evi Mulyani Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati
  • Yuni Kartika Manajemen, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sirojudin Sirojudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

lahan, masyarakat, pemberdayaan, penanaman, sayur

Abstract

Kampung Kubang Bango merupakan sebuah kampung yang terletak di Desa Ujung Genteng, mayoritas masyarakat Kampung Kubang Bango berprofesi sebagai Nelayan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan banyak lahan kosong di sekitar kampung Kubang Bango yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, karena kurangnya kemauan, ekonomi, dan pengetahuan. Berdasarkan permasalahan tersebut kelompok KKN-DR Sisdamas tahun 2021 Desa Ujung Gentang berinisiatif memberikan pelatihan untuk meningkatan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait pemanfaatan lahan kosong untuk penanaman sayuran sebagai lahan yang lebih memiliki daya guna dan nilai jual bagi masyarakat. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, program ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di Kampung Kubang Bango untuk penanaman tanaman sayuran yang meliputi tahap penyuluhan, menyusun perencanaan, pemberian alat dan bahan, dan tahap pendampingan. Beberapa perubahan yang sudah dicapai melalui program ini adalah : (1) meningkatnya kesadaran masyarakat terkait pemanfaatan lahan kosong sebagai lahan yang lebih memiliki daya guna dan nilai jual bagi masyarakat; dan (2) masyarakat mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan lahan kosong dan budidaya tanaman sayuran untuk meningkatkan ekonomi serta kebutuhan pangan.

References

Ife, Jim dan Frank Tesorierro. 2008. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Edisi Ketiga (Sastrawan Manullang, Nurul Yakin, M. Nursyahid; alih bahasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pambudi, Dholina Inang dan Rizqi Yudha Erlangga. 2018. Pemanfaatan Lahan Kosong Sebagai Tanaman Obat Keluarga Warga Prancak Dukuh Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan. 2 (2) : 347-352.

Priyono, Onny S. dan Pranarka, A.M.W. 1999. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Centre for Strategic and International Studies.

Rosdiana dkk. 2019. Budidaya Tanaman Sayuran pada Lahan Pekarangan dengan Teknik Vertikultur dan Hidroponik. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, Jakarta: 24 September. Hal. 1-6.

Sugiarso dkk. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) untuk Konservasi dan Wirausaha Agribisnis di Kelurahan Kedung Pane Kota Semarang. Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan. 17 (2) : 343-366.

Sukirno dan Fadhil Sidiq. 2019. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Hidroponik Sayuran Sederhana Gampong Paya Bujok Teungoh Langsa Barat. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (2) : 117-123.

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Maulana , A. ., Novitasari , E. ., Mulyani, E. ., Kartika, Y. ., & Sirojudin, S. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penanaman Sayuran di Lahan Kosong Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kampung Kubang Bango. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(86), 175–182. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1213

Issue

Section

Articles