Pendampingan Belajar Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi

Authors

  • Eli Khoerussaadah Prodi PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Purwita Citra Dewi Manajemen, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ruliana Nurul Annisa Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Kursiah Larasati Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Atep Mastur Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendampingan, motivasi, minat belajar

Abstract

Tingginya kasus penyebaran covid-19 mengakibatkan dampak yang cukup serius khususnya pada aspek pendidikan, sehingga pemerintah segera menetapkan kebijakan untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh (daring) pada seluruh jenjang pendidikan baik dari tinggkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi, kebijakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Akan tetapi dengan ditetapkannya pembelajaran secara daring ini, masih terdapat sejumlah kendala yakni kurangnya fasilitas memadai yang dimiliki anak untuk melakukan pembelajaran daring, kesulitan anak dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, belum lagi rasa bosan dan jenuh yang dirasakan anak. Sehingga, mengakibatkan hilangnya motivasi dan minat belajar peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar anak di masa pandemi melalui kegiatan pendampingan belajar. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan secara kualitatif.

References

Euis k., dina, k., & fitri, a. (2021). Analisis peran orang tua dalam mendampingi anak di masa pandemi covid 19. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 241-256.

Ilmiyatur, r., m. Ma’ruf, & m. Machfud. (2020). Pendampingan pembelajaran serta upaya peningkatan fasilitas pendidikan di desa kraton pada masa pandemi covid-19. Al khidmat : jurnal ilmiah pengabdian kepada masyarakat, 3(2).

Nana syaodih, s. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: pt remaja rosdakarya.

Nurmala, d. A., tripalupi, l. E., & suharsono, n. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal pendidikan ekonomi undiksha, 4(1).

Prawanti, lia titi dan woro sumarni. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Prosiding seminar nasional pascasarjana unnes, 286-291.

Putra, i. M. D. C., & yuhari, m. R. A. T. W. (2020). Edukasi covid-19 melalui program kkn isi denpasar untuk mewujudkan karakter anak yang sadar kebersihan di desa carangsari. Segara widya: jurnal hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, 8(2), 78–83.

Samsul, p., anisa, s., risma, y., cantikka, s. P., & trifani, s. (2021). Pendampingan belajar di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa di desa gegerbitung. Jurnal komunitas : jurnal pengabdian kepada masyarakat, 4(1), 55-59.

Sri yuliawati. (2012). Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di indonesia. Widya: pendidikan. 29(318), 28-33.

Tri, h., hariyani, n. K., & rolisda, y. (2020). Pendampingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar terdampak covid-19. Abdipraja: jurnal pengabdian kepada masyarakat, 1(1), 107-115.

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Khoerussaadah , E. ., Citra Dewi , P. ., Nurul Annisa , R. ., Kursiah Larasati, S. ., & Mastur, A. (2022). Pendampingan Belajar Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Anak di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(86), 108–120. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1205

Issue

Section

Articles