Program Tahsin Al-Qur’an dalam Mengembangkan Potensi Keagamaan Bidang Al-Qur’an

Authors

  • ‘Aina Noviana Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Amung Ahmad Syahir Muharam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Al-Qur’an, Kemampuan, Tahsin

Abstract

Kurang adanya perhatian pada bidang ke-Al-Qur’an-an di Kp. Cibiul RT 11 RW 02 Desa Citamiang Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Hal ini disebabkan pengajian anak-anak lebih dominan kepada pengajian kitab kuning. Tidak dipungkiri bahwa kajian kitab kuning diperlukan sebagai salah satu cara menuntut ilmu agama, namun Al-Qur’an pun penting karena merupakan pedoman hidup. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi keagamaan yang ada pada masyarakat setempat dalam bidang Al-Qur’an dan agar kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di daerah tersebut dapat berkembang lebih baik. Metode pengabdian menggunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan secara individu atau mandiri. Adapun kegiatan tahsin Al-Qur’an menggunakan metode talaqqi. Bentuk pelaksanaan kegiatan tahsin Al-Qur’an” ini yaitu memberikan materi tajwid kepada anak-anak dan praktik membaca Al-Qur’an dengan bertalaqqi. Adanya kegiatan tahsin ini berimplikasi pada meningkatnya pemahaman mengenai tajwid dan kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak di daerah setempat.

References

Abdullah, N. (2020). Pengembangan Model Pembinaan Tahsin Qira’ah Al-Qur’an Berbasis Paikem Pada Mahasiswa. Education and Learning Journal, 1(1), 64. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.41

Anita, N., & Nisa, K. (2020). Educatio n and Management Studies KALIJARING JOMBANG. 3(2).

Ashadiqi, M. H., Erlansari, A., & Farady, F. (2020). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. 8(1).

Fitriyana, S., & Zakhra, A. (2020). Pendampingan penguatan membaca al-qur’an dengan ilmu tajwid di dusun bringin omben kabupaten sampang. 334–338.

Irsalina. (2020). Penerapan Metode Talaqqi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran di SMP Negeri 4 Kota Banda Aceh. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Ishaq, A. H., & Nawawi, R. (2017). Ilmu Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’Ah. Qof, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.30762/qof.v1i1.926

Mufaizin, M., & Arafat, Y. (2020). Implementasi Metode Jibril dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas C2 Tahsin Tilawah Lembaga Takhassusul Qur’an Darul Hikmah. AL-THIQAH: Jurnal Ilmu Keislaman, 2. http://ejurnal.stiuda.ac.id/index.php/althiqah/article/view/26

Muthmainnah. (2018). Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an Bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini. IV, 45–57.

Nailurrahmah, U. (2020). Aktivitas Jamaah Majlis Ta’lim Mengikuti Pengajian Rutin Ilmu Tajwid Hubungannya Dengan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Nushah, N. (2019). Metode Pembelajaran Ilmu Tajwid. Universitas Islam Negeri Sumatera.

Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33–37. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138

Sari, I. P. (2021). ILMU TAJWID MELALUI METODE QIRO’ATI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN. 3(2), 6.

Syafirin, M., Musabbihin, Nurhakikah, U., Salpiana, Ermawati, E., Hera, & Wati, N. S. (2021). Program Tahsin Al-Tilâwah / Al- Qirâ ’ ah d alam Meningkatkan. 1(1).

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Noviana, ‘Aina, & Muharam, A. A. S. (2022). Program Tahsin Al-Qur’an dalam Mengembangkan Potensi Keagamaan Bidang Al-Qur’an. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(51), 1–8. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1170

Issue

Section

Articles