Strategi Menghafal Al-Quran Bagi Anak-Anak Pada Masa Pandemi Di Rw 05 Kelurahan Cipadung

Authors

  • Nunung Parwati Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Hafalan Al-Qur’an, Metode, Laa Ta’jal

Abstract

Seyere Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS- CoV-2) (Covid-19), virus corona ini awal mula terjadi pada akhir tahun 2019 di Negara cina tepatnya dari kota Wuhan. Virus ini sangat cepat sekali penyebaranya sampai saat ini mencapai 180.331. 914 jiwa di seluruh belahan dunia telah terpapar covid dan di dalamnya termasuk juga warga indonesia. Dari awal munculnya virus ini seluruh Negara yang terpapar covid melakukan lockdown / karantina wilayah untuk mencegah penyabaran virus ini lebih meluas. Oleh karena itu pergerakan manusia sangat terbatas, salah satunya adalah kegiatan belajar dan mengajar di persekolahan, menjadikan kegiatan ini di lakukan di rumah masing-masing secara online. Dikarenakan kegiatan sekolah dilakukan  secara online, hal ini menyebabkan satu dan berbagai macam masalah di kerenakan kurang terdampinginya dalam peroses belajar terkhusus bagi anak-anak, mereka sering sekali merasa tidak mengerti dan bingung di tambah orang tua merekapun tidak mengerti cara mendampingi anak-anak belajar terkhusus dalam membimbing anak dalam menghafal al-qur’an. Bagi anak-anak yang belum lancara membaca al-qura’an atau bahkan iqra mereka pasti merasa kesulitan dalam menghafal al-quran. Oleh karena itu, tujuan pengabdian saya ini untuk membantu anak-anak madrasah ibtidaiyah di RW 05 kelurahan cipadung untuk mendampingi dan memberikan cara dan trik dalam menghafal al-qur’an. Metode yang saya gunakan dalam membuat artikel ini adalah metode deskriptif analisis. Adapun strategi pembelajaran yang saya ajarkan pada anak-anak adalah metode laa ta’jal yang berarti jangan terburu-buru atau cepat.

References

Amirudin, S. H. 2021. Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Eduprof :Islamic Education Journal, 1-13.

Khairiyah, Nur, dkk. 2020. Perubahan proses pembelajaran daring pada siswa sekolah dasar di tengah pandemi covid-19. Universitas negri semarang, t.h.

Sanjaya, wina. 2006. Strategi pembelajaran, berorientasi standar proses pendidikan.kencana, 6.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Parwati, N. . (2022). Strategi Menghafal Al-Quran Bagi Anak-Anak Pada Masa Pandemi Di Rw 05 Kelurahan Cipadung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 111–122. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1162

Issue

Section

Articles