Pengaruh Program Bimbingan Belajar dalam Upaya Pengurangan Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan di Kampung Cibanteng
Keywords:
bimbingan belajar, dampak pandemi, pendidikanAbstract
Salah satu dampak Covid-19 dibidang pendidikan adalah merubah haluan pembelajaran dari tatap muka menjadi sistem dalam jaringan atau daring. Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh sehingga memerlukan media tertentu untuk memungkinkan adanya interaksi antara pengajar dan pembelajar. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan di Kampung Cibanteng, dan faktor-faktor yang mendukung, serta program Bimbingan Belajar sebagai solusinya. Subjek penelitian ini terdiri dari siswa SD dan SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak dampak dan faktor yang ditemukan pada bidang pendidikan di Kampung Cibanteng, serta pengayaan program bimbingan belajar secara offline. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program Bimbingan Belajar ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu orang tua siswa yang mengalami kesulitan dalam mendampingi proses pembelajaran anak.
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 282-289.
Basar, A. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 208 – 218.
Dewi, W. A. (2020). DAmpak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 55-61.
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. Jurnal Edunomic, 93-101.
Fitroh, Q. A. (2020). Covid-19; Wajah Pendidikan Singapura dan Indonesia. Jurnal Akademik, 1.
Ni'mah, '., & Setyawan, D. A. (2021). Online Learning: ANALISIS FAKTOR PENURUNAN DISIPLIN PESERTA DIDIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Paedagogia, 33.
Yanti, N. F., & Sumianto. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Menghambat Minat Belajar dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 608-614.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Andri Yusuf Nur Zaman, Evi Damayanti Utomo, Herlangga Herlangga , Utari Permadi, Muhammad Insan Al-Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.