Program Edukasi Hidup Bersih dan Sehat Guna Melawan Covid-19 di Desa Cipetir Kabupaten Sukabumi
Keywords:
pengabdian, KKN, masyarakatAbstract
Pelaksanaan KKN-DR 2021 di Desa Cipetir diselenggarakan sebagai salah satu bentuk partisipasi UIN dalam melawan COVID-19 yang dilaksanakan di domisili masing-masing mahasiswa untuk membatasi mobilisasi mahasiswa agar masih dapat mengabdi di daerahnya masing-masing dan tetap berkontribusi pada upaya pencegahan penularan COVID-19. KKN ini dilaksanakan oleh mahasiswa menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah terkait penyebaran COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Contoh kegiatan yang dapat dilaksanakan seperti bimbingan belajar kepada anak-anak lingkup dusun, pelatihan budidaya pertanian atau pertumbuhan ekonomi masyarakat, membantu kegiatan satgas desa maupun pembuatan media edukasi pencegahan penyebaran penularan covid-19. Pastisipasi dan dukungan dari masyarakat cukup tinggi, dimana masyarakat aktif dalam pelaksanaan program kerja sehingga masyarakat dapat mengambil manfaatnya dengan lebih maksimal. Meskipun program kerja telah selesai dilaksanakan namun dalam pelaksanaan program kerja terdapat kendala yang dialami tiap individu di masing-masing domisili. Faktor sinyal menghambat mahasiswa pelaksana KKN dikarenakan daerah yang susah sinyal sehingga menghambat pencarian literatur dan proses pembelajaran dalam jaringan yang dilaksanakan kepada anak-anak lingkup dusun. Namun secara kesuluruhan KKN sangat bermanfaat kepada masyarakat khususnya pada masyarakat terdampak Covid-19.
References
Tim Penulis KKN-DR UIN SGD Bandung, 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid 19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.
Profil desa Cipetir Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi.
Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid 19 Pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan Dan Proses Pembelajaran, Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, Vol 7 No 5, Hal. 28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fadjri Alfillatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.