Pengembangan Usaha pada Sektor UMKM di Desa Tresna Asih dengan Menggunakan Manfaat dari Pasar Digital

Authors

  • Ibadurrohman Nur Mutabi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Kustanti Program Studi Pendidikan Umum,Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, UMKM, Digital Marketing, Media Sosial

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian sebuah negara dan memiliki kesempatan untuk menyerap tenaga kerja sehingga perlu untuk dikembangkan. UMKM Stoen house menjual berbagai makanan dan minuman yang berlokasi di di Desa Lebak Muncang Dusun Tresna Asih (Cijembel) RT 001 / RW 007, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Masalah yang dihadapi oleh UMKM Stoen house yaitu pemasaran produk masih tradisional, pemasaran produk masih mencakup wilayah tertentu dan belum adanya promosi produk. Solusi dari masalah yang dihadapi oleh UMKM stoen house adalah membuatkan akun media sosial, pembuatan branding, pengemasan barang, dan memposting foto produk. Metode penyelesaian masalah dalam program KKN dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan tentang Digital Marketing. Kegiatan KKN menghasilkan penggunaan media sosial yang dapat digunakan UMKM Asih untuk menarik minat pembeli. Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara intensif untuk memastikan UMKM Stoen house dapat menggunakan secara maksimal

References

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Mutabi, I. N., & Kustanti, D. (2022). Pengembangan Usaha pada Sektor UMKM di Desa Tresna Asih dengan Menggunakan Manfaat dari Pasar Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(84), 10–16. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1093

Issue

Section

Articles