Efektivitas Pembelajaran Home Schooling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi di Desa Mekarjaya

Authors

  • Agil Maulana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Adinda Aryani Dewi Putri Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Raina Adela Rahmania Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rusdiana Faruq Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Afrilia UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Home Schooling, Motivasi Belajar, Pendidikan

Abstract

Coronavirus disease 2019 (Covid-19) merupakan sebuah penyakit yang menyerang dunia pada akhir tahun 2019. Pada awal tahun 2020 atau lebih tepatnya pada bulan Maret Indonesia terserang oleh penyakit Covid-19 ini, sehingga menimbulkan dampak yang serius dalam semua faktor kehidupan terutama dalam faktor pendidikan. Dengan pertimbangan yang matang dan untuk mengurangi penyebaran penyakit Covid-19 ini pemerintah mengeluarkan aturan baru yang mana sistem pembelajaran dilaksanakan secara Online (dalam jaringan). Seiring berjalannya waktu, dalam sistem pembelajaran Online ini ditemukan beberapa kekurangan yang berdampak pada hilangnya motivasi belajar siswa, hal tersebut bisa terjadi akibat kurang efisiennya pembelajaran Online dan kurangnya penjelasan guru terhadap ilmu yang diberikan kepada siswa. Untuk meningkatkan kembali antusiasme dan motivasi belajar siswa, dibutuhkan sistem baru yang efisien sehingga siswa dapat memahami setiap ilmu yang diberikan oleh guru, maka muncullah sistem homescooling. Homeschooling sendiri merupakan sistem yang menjadi wadah bagi para siswa untuk melakukan komunikasi mengenai materi, kemudian siswa mendapatkan penjelasan yang singkat namun dapat dipahami secara cepat. Dengan kembalinya antusiasme dan motivasi siswa dalam belajar, siswa akan belajar lebih giat dan akan menghasilkan sebuah prestasi. Hasil survey pasca program memperlihatkan bahwa tingkat efektivitas pembelajaran home schooling termasuk dalam kategori “Tinggi” dan “Sangat Tinggi”.

References

Aji, R. H. S. 2020. Dampak Civid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia : Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam : Jurnal Sosial Dan Budaya Syar’i, 7(5), 395-420.

Amti, Erman & Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Padang.

Arikunto Suharsumi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mc Clelland, D. (1985). Human Motivation. Chicago: Scott Foresman.

Novianti, N. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA, 158-166.

Sumardiono. (2006). Model Home Schooling.

Wulandari, B., & Surjono, H. (2013). Pengaruh problembased learning terhadap hasil belajar ditinjaudarimotivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Maulana, A. ., Putri, A. A. D., Rahmania, R. A., Faruq, R., & Afrilia, A. . (2023). Efektivitas Pembelajaran Home Schooling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Masa Pandemi di Desa Mekarjaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(1). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1060

Issue

Section

Articles