Pemberdayaan Sosio-Religius di Masa Pandemi Serta Meningkatkan Taraf Edukasi dan Ekonomi Masyarakat Desa Kamasan

Authors

  • Solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Eko Nugroho Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Paramitha Darmawati Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Ekonomi, Kepengurusan jenazah, KKN, Mengaji, Pandemi

Abstract

Profesi warga RT/01 RW/09 Desa Kamasan mayoritas sebagai tenaga pengajar dan juga wirausahawan. Sejak sebelum pandemi lingkungan ini dikenal sebagai kawasan yang ramai akan kegiatan belajar mengajar dan juga dengan aktifitas berwirausaha. Setelah setahun lebih pandemi berlangsung, warga mulai kesulitan dalam melakukan aktifitas yang biasa dilakukan, seperti melakukan aktifitas belajar mengajar dan berwirausaha dalam menjalani kehidupan. Maka dari itu para mahasiswa hadir bertujuan untuk membantu memulihkan keadaan yang ada, dengan melakukan dan memberikan solusi berupa mengadakan seminar kewirausahaan online shop yang dilaksanakan secara daring yang bertujuan agar warga dapat menjalankan usahanya dengan cara daring / online sehingga masih dapat berjalan walaupun dalam keadaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), membantu warga dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan kegiatan mengaji bersama warga, membantu menyukseskan kegiatan warga dalam melaksanakan lomba 17 Agustus serta membagian alat protocol kesehatan, serta melaksanakan seminar kepengurusan jenazah yang bertujuan agar warga dapat melaksanakan kepengurusan jenazah tanpa memanggil tenaga pengurus ke Desan lain. Metode yang dilakukan untuk melakukan penelitian dan pengabdian adalah dengan metode observasi / pengamatan lapangan, dimana penulis terjun langsung ke lapangan serta mengamati keadaan dan masalah yang dihadapi warga. Masalah yang dihadapi warga diantaranya adalah kesulitan dalam menjalankan usaha / wirausaha dalam keadaan yang terbatas seperti pada masa PPKM, kesulitan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di masa PPKM, kerepotan memanggil seorang ahli dalam kepengurusan jenazah. Warga sangat antusias dalam menjalankan kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan. Hasil dari penelitian ini adalah warga mulai dapat memahami bagaimana cara memulai usaha dengan memanfaatkan median online shop, warga merasa terbantu dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar, melaksanakan pengajian warga supaya jalinan sosial religious dapat masih terjaga, warga merasa terbantu dalam melaksanakan kegiatan tahunan yaitu lomba 17 Agustus, warga mulai dapat memahami bagaimana cara mengurus jenazah, sehingga tidak perlu lagi memanggil seorang ahli di luar Desa, dan warga dapat menjalin hubungan baik yang erat antar warganya setelah dilaksanakannya banyak kegiatan bersama warga.

References

Agustini, N. K. (2017). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMBELI DI ONLINE SHOP MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN TAHUN 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127-136.

Hasanah, H. (2016, Juli). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal at-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG USAHA EKONOMI (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(4), 9-14.

Oktavia, E., & Mastanora, R. (2019, Desember). Manfaat Mengikuti Pengajian Rutin dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya, 1(2), 66-74

Qomariah, N. (2016). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PENGEMBANGAN “ SOFT SKILL PEMBUATAN KRUPUK SAMILER” DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA DI KABUPATEN BONDOWOSO. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT IPTEKS, 1(2), 64-70.

RISTEK-BRIN. (2020). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XIII. Jakarta Pusat: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Taufik, M. (2018). NILAI SOSIO-RELIGIUS MASYARAKAT DESA: Studi Interaksi Antarumat Beragama di Yogyakarta. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 16(1), 49-72.

Widjajanti, K. (2011, Juni). MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12, 15-27.

Yunita, N., & Valentine, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Serta Hikmah Pengurusan Jenazah. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 289-308.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Solihin, Nugroho, M. E., & Darmawati, P. (2023). Pemberdayaan Sosio-Religius di Masa Pandemi Serta Meningkatkan Taraf Edukasi dan Ekonomi Masyarakat Desa Kamasan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(1). Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1056

Issue

Section

Articles