Internalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Informatif Ibnu Khaldun di TPQ Daarul Qur’an

Authors

  • Dede Suryani Program Studi Ilmu Al0Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ahmad Syaeful Rahman Program Studi Sosiologi, Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Proses Internalisasi, Metode Pembelajaran, Ibnu Khaldun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas metode informatif Ibnu Khaldun yang diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Daarul Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif, melalui studi pustaka dengan menerapkan analisis isi dan observasi untuk mengeksporasi data. Hasil dari pembahasan ini mencakup internalisasi pembelajaran Al-Qur’an, metode informatif Ibnu Khaldun, urgensi pelaksanaan metode informatif Ibnu Khaldun, internalisasi metode pembelajaran Ibnu Khaldun kepada peserta didik TPQ Daarul Qur’an. Adapun kesimpulan penelitian adalah metode informatif Ibnu Khaldun telah terbukti otentik dalam kancah pendidikan tahfidz Al-Qur’an yang menghasilkan lulusan khatmil Qur’an yang berkualitas. Sehingga, metode dalam pembelajaran Al-Qur’an memiliki kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai efektifitas dalam menentukan tingkat keberhasilan. Oleh karena itu, Penelitian ini merekomendasikan untuk dilakukan penelitian ulang dengan metode pendekatan yang lebih variatif

References

Ash-Shabuni, muhammad Ali. Al-Tibyan Fi Al-’ulum Al-Qur’an. Beirut: Al-Mazzroah, 1985.

Darmalaksana, Wahyudin. “Formula Penelitian Kelas Menulis.” Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

———. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2020): 1–6.

Fajar, Marhaeni. Ilmu Komunikasi: Teori & Praktek. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Falah, Ahmad. “KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IBNU KHALDUN (Studi Atas Kitab Muqaddimah).” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 2, no. 1 (2018).

Fuad, Ihsan. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka cipta, 1997.

H. Amirullah Syarbini, Mufidah. 5 Langkah Lancar Membaca Al-Qur’an (Metode Quantum Learning Qur’an (QLQ). Bandung: Ruang Kata, 2010.

Kamarul Azmi, Jasmi, and Che Noh Mohd. Aderi. “Sejarah, Kaedah, Serta Model Pengajaran Dan Pembelajaran Al-Quran.” Bengkel Pemulihan dan Pengayaan Pengajaran dan Pembelajaran (PdP) al- Quran SRA JAWI 16 (2013).

Khaldun, Ibn. Muqaddimah Ibn Khaldun, Ahmadie Thaha. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2014.

Majid, Abdul. Setrategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Nasional, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

PS, Alaika M Bagus Kurnia, and Nelud Darajaatul Aliah. “Tadarruj Dan Tikrar Terhadap Evaluasi Pembelajaran Tartil Al-Qur’an Dalam Perspektif Kitab Muqaddimah Ibn Khaldun.” Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 1 (2021).

Rasyad, Aminuddin. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press, 2003.

Saepudin, Juju. “Model Pembelajaran Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Resepsi Terhadap Kitab Muqaddimah.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 13, no. 2 (2015).

Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Unsi, Baiq Tuhfatul. “KONSEP METODE PEMBELAJARAN IBN KHALDUN DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. Maret 2018 (2018): 1.

Zuhdi, Masjfuk. Pengantar Ulumul Qur’an. Surabaya: Karya Abditama, 1997.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Suryani, D., & Rahman, A. S. (2022). Internalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Informatif Ibnu Khaldun di TPQ Daarul Qur’an. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(66), 102–112. Retrieved from https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1023

Issue

Section

Articles