Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Quran pada Anak Melalui Metode Tahsin

Authors

  • Laily Atifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pina Pitriana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi, Belajar, Metode Tahsin

Abstract

Kegiatan belajar mengajar tentang memahami pada peserta didik tingkat sekolah dasar/Ibtidaiyah (SD/MI) dan sekolah lanjutan pertama (SMP/MTs) di desa cimekar cileunyi jawa barat. Pada tingkat ini motivasi belajar Al-Quran pada anak sangat minim karena kurangnya kemampuan membaca Al-Quran. Tujuan dari kegiatan belajar mengajar ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar anak agar fasih membaca Al-Quran. Metode deskriptif dengan pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta simulasi. Adapun hasil hasil dari kegiatan belajar mengajar antara lain: Pertama, peserta didik lebih memahami teori ilmu tajwid. Kedua, mereka termotivasi belajar Al-Quran lebih baik lagi. Ketiga, dengan metode tahsin peserta didik dapat dengan mudah memperbaiki atau memperbagus bacaan. Keempat, terdapat perubahan yang signifikan setelah menggunakan metode tahsin.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Atifah, L. ., & Pitriana, P. . (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Quran pada Anak Melalui Metode Tahsin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 67–74. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/991

Issue

Section

Articles