Upaya Memotivasi Kepercayaan Diri Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Bimbingan Belajar Q-Plus Pada Masa Pandemi Covid 19

Penulis

  • Nurul Jamilah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ikhwan Aulia Fatahillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstrak

Pendidikan di masa pandemi menjadi hal yang memprihatinkan pada saat ini. Pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan model pendampingan belajar bagi siswa Sekolah Dasar. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui penerapan model pendampingan belajar bagi siswa Sekolah Dasar. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, dan hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari indikator perubahan karakter siswa Sekolah Dasar. Adapun indikator perubahan karakter siswa meliputi timbulnya semangat belajar yang baru, berkurangnya penggunaan smartphone untuk bermain game online, dan pendidikan karakter bagi siswa Sekolah Dasar pada masa pendemi Covid-19. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa model pendampingan beajar memiliki kekuatan yang efisien bagi pemulihan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar pada masa pandemi Covid 19.

Referensi

Abdul Rahmat, M. M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Edisi 6 Vol. 1, 62-71.

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Lampuhyang, 13-25.

Darmalaksana, W. (2021). Semangat Sembuh Dari Paparan Covid dengan Basis Keluarga: Studi Lapangan Masa PPKM. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dwi Ismawati, I. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunkan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid 19. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5 Issue 1, 665-675.

Frans Pantan, P. I. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid 19. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosa, 13-24.

I Putu Yoga Purandina, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 270-290.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Pandemi Covid 19. Jurnal Kajian Islam, 39-48.

Senata Adi Prasetia, M. F. (2020). Reorientasi, Peran dan Tantangan Pendidikan Islam di Tengah Pandemi . Jurnal Tarbawi , 21-37.

Zulfa Ilma Nuriana, A. S. (2020). Sekolah Rumah Ramah Anak Sebagai Solusi Pendidikan Jarak Jauh di Tengah Pandemi Covid 19. GERAM (Gerakan Aktif Menulis) Vol. 8, No. 2, 27-32.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Jamilah, N., & Fatahillah, I. A. (2022). Upaya Memotivasi Kepercayaan Diri Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Bimbingan Belajar Q-Plus Pada Masa Pandemi Covid 19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/978

Terbitan

Bagian

Articles