Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak-Anak di Rt 03 Rw 03 Kelurahan Harjasari Bogor Selatan

Penulis

  • Aisyah Diya Assyahidah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

kemampuan membaca, Al-Qur’an, anak-anak

Abstrak

Salah satu masalah yang ditemukan pada RT 03 RW 03 Kelurahan Harjasari Bogor Selatan adalah tidak adanya guru mengaji. Sehingga kebanyakan anak-anak yang ingin belajar mengaji hanya dapat belajar di rumah bersama orang tua atau ikut mengaji pada RT lain. Akan tetapi, tidak semua orang tua mempunyai waktu dan kemampuan untuk membimbing anaknya belajar membaca Al-Qur’an. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak-anak yang sudah selesai belajar membaca iqra’. Pada pertemuan awal diketahui bahwa 6 anak dari jumlah 8 anak masih belum lancar membaca Al-Qur’an. Maka dari itu diadakan program kerja mengajar mengaji untuk anak-anak dan dilanjutkan dengan kelas tajwid pada hari selasa dan jum’at. Berdasarkan hasil penelitian, tidak terdapat peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an yang signifikan. Satu bulan tidak cukup untuk membuat anak-anak membaca al-Qur’an dengan benar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-09

Cara Mengutip

Assyahidah, A. D. . (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak-Anak di Rt 03 Rw 03 Kelurahan Harjasari Bogor Selatan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(48), 21–34. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/794

Terbitan

Bagian

Articles