Mekanisme Sistem Pembelajaran Semi Offline di Wilayah Zona Hijau PPI 259 Firdaus Pengalengan

Penulis

  • Hanny Anisa FM UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Rifaldo UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Pendidikan, Pengabdian, Semi-offline

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. KKN-DR Sisdamas sendiri dilakukan untuk menumbuhkan rasa empati mahasiswa terhadap kepedulian kepada masyarakat, dan membuat program program untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan masing masing keahlian yang dimiliki oleh setiap mahasiswa, serta mengembangkan potensi masyarakat dengan program yang ada. Aspek pendidikan pun tidak luput jadi sasaran Program utama pada penelitina kali ini. serta penulis pun berfokus pada sistem Semi Offline yang di inisiasi oleh orang tau dan di tindak lanjuti oleh sekolah. Hasil dari penelitian ini adalah dengan di dapati keberhasilan sekolah dalam melaksanakan sistem semi-Offline yang berpengaruh terhadap antusias siswa terhadap ketertarikan pada belajar. yang merujuk pada keresahan para orang tua siswa. Namun, dibarengi dengan komitmitmen pihak Sekolah dan pihak orang tua siswa tanpa meninggalkan kebijakan protokol yang ditetapkan oleh pemerintah. Metode yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif yang bersumber pada fakta fenomenologi yang sedang terjadi. Dengan kata lain disesuiakan denan keadaan di lapangan yang didapati sedang di tengah pandemi. Dengan memakai tipe riset ini diharapkan sanggup mengatakan bermacam data yang terjalin dilapangan yang didukung dengan data yang sudah di peroleh.

Referensi

Agustin, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Silogisme.

Andri Anugrahana, “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Scholaria 10, no. 3 (2020)

Ardiansah (2011). Manfaat dan Fungsi Perencanaan Pembelajaran. (Online), (http://andinurdiansah.blogspot.com/2011/11,diakses pada 4 September 2021.

Djunaidi Ghony & Fauzan Almanshur, Metode Penelitian Kualitatif (Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012), 25

Sari. Amelia. 2020. Pendampingan Belajar Anak Oleh Mahasiswa Untuk Mengupayakan Blended Learning Dalam Kondisi Covid-19 Di Lingkungan Sambiroto

Yulita. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta Program Pengembangan Bimbingan Belajar Masyarakat

Yusuf, Muri (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

FM, H. A., & Rifaldo, M. (2021). Mekanisme Sistem Pembelajaran Semi Offline di Wilayah Zona Hijau PPI 259 Firdaus Pengalengan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(39). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/674

Terbitan

Bagian

Articles