Optimalisasi Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ardi Nurdiansah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Cika Brada UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Firgi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siti Halimatussyadiah Salim UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Eneng Nuraeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Covid-19, Belajar Mengajar, Optimalisasi

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak diberbagai bidang, salah satunya dibidang pendidikan. Dampak pandemi Covid-19 di Desa Bojongsawah Kabupaten Sukabumi salah satunya adalah terdapat perubahan dalam kegiatan belajar mengajar yang mana pada awalnya kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tatap muka di ruangan kelas, pada saat ini dilakukan secara daring (dalam jaringan). Namun terdapat beberapa kendala yang menjadi penghambat dan kekurangan dalam pelaksanaan sekolah daring di MI Mihadunal Ula yang pada akhirnya membuat pelaksanaan kegiatan sekolah daring tersebut kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang upaya optimalisasi sistem pembelajaran Formal dan Non-formal di MI Mihadunal Ula dan di Majelis Al-qur’an ke-RW-an 12 Desa Bojongsawah Kabupaten Sukabumi. Dari upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran luring (luar jaringan) agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lebih efektif. Terkait hasil yang signifikan dari kegiatan belajar mengajar dengan metode luring ini siswa dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik terhadap penguasaan materi serta siswa pun dapat lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci: Covid-19, Belajar Mengajar, Optimalisasi

Referensi

Chick, and G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Surgical Education 1(1): 1–4.

Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-4 02. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Arifa, Fieka Nurul. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat Bidang Kesejahteraan Sosial: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, 12(7), 13-18. http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XII-7-I-P3DIApril-2020-1953.pdf?1600933547

Kemendikbud. (2020). “Perluas Akses Belajar di Masa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah”. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses pada tanggal 10 September 2021 pada https;//www.kemedikbud.gi.id/main/blog/2020/04/perluas-akses-belajar-dimasa-covid19-mendikbud-luncurkan-program-belajar-dari-rumah

Mustakim, Farhan, H., Lilawati, A., Ladamay, O. M. M. A., Musayyachah, & Pratiwi, R. S. (2021). Pengasuhan orang tua anak usia dini di era disrupsi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(1), 19–35. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7236

Muhson, A. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8(2): 1–10.

Attri, A. K. 2012. “Distance Education: Problems and Solutions.” International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences 1(4): 42–58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-04

Cara Mengutip

Nurdiansah, A. ., Brada, C. ., Firgi, M., Salim , S. H. ., & Nuraeni, E. . (2021). Optimalisasi Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(6), 172–179. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/670

Terbitan

Bagian

Articles