Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Penataan Pendidikan dengan Metode Hybrid Learning di SDN Tanjung Pakis 1

Penulis

  • Suryani Suryani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Suteja Wira Dana Kusuma UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Hybrid, Pendidikan, Pesisir

Abstrak

Adapun artikel ini berisikan tentang pemberdayaan masyarakat pesisir dan penataan Pendidikan dengan metode Hybrid Learning (Pembelajaran campuran) di Sekolah SDN Tanjung Pakis 1 yang berada di Desa Tanjung Pakis. Tanjung Pakis ialah sebuah desa yang berada di Kabupaten Karawang tepat nya di Keacamatan Pakis Jaya yang merupakan ujung utara dari Kabupaten Karawang. Wilayah desa yang sangat jauh dari pusat perkotaan dan Sebagian besar masyarakat nya berprofesi sebagai nelayan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada anak Sekolah Dasar di Desa Tanjung Pakis Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang dengan memanfaatkan metode pembelajaran campuran di masa pandemic covid 19 ini. Desa Tanjung Pakis merupakan daerah pesisir Karawang dengan pendidikan yang masih tertinggal. Penyebabnya bukan hanya dari anak-anak saja, melainkan sebagian orangtua yang masih minim pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi pasrtisipatif, di mana pada saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata adanya keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan sehari-hari dengan orang-orang yang menjadi sumber penelitian, mulai dari mengajar baik sekolah maupun mengaji, juga kegiatan lain yang bersangkutan dengan masyarakar sekitar. Dalam hal ini diharapkan adanya solusi bagi permasalahan pendidikan masyarakat pesisir yang kemudian dapat memberikan pengaruh bagi taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik. Permasalahan ini menjadi hal yang krusial untuk dibahas, mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih tetapi masih ada masyarakat yang tertinggal.

 

Referensi

Ary purmadi . Samsul hadi. 2018. “Pengembangan kelas daring dengan penerapan Hybrid Learning Menggunakan Chamilo pada Mata Kuliah Kewarganegaraan”.

Mubarak, Z. 2010. Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau dari Proses Pengembangan Kapasitas pada Program PNPM Mandiri Perkotaan di Desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan. Tesis. Program Studi Magister Teknik Pemberdayaan Wilayah dan Kota. Undip. Semarang.

Rusman, dkk.2011. Pembelajaran Berbasis Tekonologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Setiana, L. 2005. Teknik penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat. Ghalia Indonesia. Jakarta

Soetomo. (2006). Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharto, Edi. 2005. Membangun masyarakat memberdayakan rakyat Bandung : Aditama

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-04

Cara Mengutip

Suryani, S., & Kusuma, S. W. D. . (2021). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Penataan Pendidikan dengan Metode Hybrid Learning di SDN Tanjung Pakis 1. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(6), 136–145. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/667

Terbitan

Bagian

Articles