Strategi Pemasaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada UMKM Desa Pakuon

Penulis

  • Fynka Apriliani Putri Intansari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Witrin Gamayanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Focus Grup Discussion, ICT, Kualitatif, Kuantitatif, UMKM

Abstrak

UMKM memiliki peranan yang sangat krusial dalam roda perekonomian nasional, UMKM merupakan pilar utama dalam perekonomian Nasional. Tercatat UMKM memiliki kontribusi sebesar 61.07% terhadap Produk Domestik Bruto. Namun terdapat permasalahan dimana dalam kondisi pandemi serta distrupsi teknologi seperti sekarang, banyak UMKM yang terdampak oleh perubahan yang terjadi akibat distrupsi pandemi dan teknologi. Distrupsi tersebut sangat dirasakan akibatnya terhadap UMKM di Desa Pakuon, Kecamatan Sukaresmi, Cianjur. Adapun beberapa permasalahan yang timbul pada UMKM didesa Pakuon adalah minimnya daya beli masyarakat, mulai tersisihkan oleh zaman serta kurangnya media promosi. Oleh sebab itu penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan solusi permasalahan diatas dengan mengunakan media yang berbasis ICT dalam melakukan pemasaran dan penjualan agar dapat menjangkau calon kostumer yang lebih luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan secara Kuantitatif dan Kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta malalui Focus Group Discusion (FGD) dengan aparat desa serta para pelaku UMKM. Pendekatan diatas dilakukan guna mengetahui solusi apa yang paling tepat untuk menjawab permasalahan UMKM di desa Pakuon. Hasilnya disetujui bahwa solusi terbaik adalah dengan membangun sebuah sistem promosi satu pintu berbasis Web yang terkoneksi langsung dengan e-commerce dan media sosial guna memenuhi target untuk menggapai calon kostumer yang lebih luas. Namun media promosi satu pintu ini masih terbatas pada 4 UMKM unggulan didesa Pakuon diantaranya; UMKM Kopi dan Gula, UMKM Truk Oleng, UMKM Rengginang dan UMKM Bunga Plastik. Harapanya dengan dibuatkan media promosi satu pintu ini dapat menjadi solusi dan menjadi media promosi komperhensif bagi UMKM di desa Pakuon.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Putri Intansari, F. A. ., & Gamayanti , W. . (2021). Strategi Pemasaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) pada UMKM Desa Pakuon. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(35), 98–109. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/624

Terbitan

Bagian

Articles