Strategi digitalisasi untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM di Desa Mekars
Kata Kunci:
Desa Mekarsari; pemasaran online; perekonomian; sosialisasi; UMKMAbstrak
Digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu masalah UMKM di
Indonesia termasuk pada UMKM yang ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciparay,
Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh kelompok
KKN 68 UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk memperkenalkan digitalisasi UMKM guna
meningkatkan pemasaran dan penjualan secara online. Kegiatan ini dilakukan
menggunakan metode studi kasus guna mendapatkan data yang tepat dan valid.
Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Populasi yang
digunakan dalam kegiatan ini adalah pelaku ekonomi di Dusun 4 dan Dusun 5 Desa
Mekarsari yang mengikuti kegiatan. Masyarakat desa sangat antusias untuk
memperoleh pengetahuan baru. Digitalisasi UMKM ini mampu meningkatkan pemasaran
hasil produksi UMKM serta meningkatkan penjualan online hasil produksi UMKM. Hasil
yang didapatkan dari sosialisasi yang dilaksanakan yaitu bertambahnya pengetahuan
pelaku UMKM mengenai pemasaran secara online atau digital marketing. Selain itu
setiap pelaku UMKM yang mengikuti sosialisasi juga dapat membuat foto yang menarik
untuk produk mereka dan juga mampu melakukan identifikasi kebutuhan konsumen atau
pasar, pemilihan target konsumen atau pasar, penggunaan media elektronik untuk
pemasaran.
Referensi
Maulana, A. (2023, Agustus 14). Universitas Padjadjaran. Diambil kembali dari https://www.unpad.ac.id/2023/08/mahasiswa-edukasi-pelaku-umkm-desa-mekarsari-akan-pentingnya-pencatatan-keuangan/
Mochamad Rifqi Hananto, I. B. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Masyarakat Kelurahan Karangtalun Guna Meningkatkan Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Penta Helix. Jurnal IKRATH-ABDIMAS, Vol 6 No 1.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nurrul Fatwa, Hary rizki, Ria Sri Mulyan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.