Strategi digitalisasi untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM di Desa Mekars

Penulis

  • Nurrul Fatwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hary rizki UIN Sunan gunung djati bandung
  • Ria Sri Mulyan UIN Sunan gunung djati bandung

Kata Kunci:

Desa Mekarsari; pemasaran online; perekonomian; sosialisasi; UMKM

Abstrak

Digitalisasi usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu masalah UMKM di

Indonesia termasuk pada UMKM yang ada di Desa Mekarsari, Kecamatan Ciparay,

Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh kelompok

KKN 68 UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk memperkenalkan digitalisasi UMKM guna

meningkatkan pemasaran dan penjualan secara online. Kegiatan ini dilakukan

menggunakan metode studi kasus guna mendapatkan data yang tepat dan valid.

Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Populasi yang

digunakan dalam kegiatan ini adalah pelaku ekonomi di Dusun 4 dan Dusun 5 Desa

Mekarsari yang mengikuti kegiatan. Masyarakat desa sangat antusias untuk

memperoleh pengetahuan baru. Digitalisasi UMKM ini mampu meningkatkan pemasaran

hasil produksi UMKM serta meningkatkan penjualan online hasil produksi UMKM. Hasil

yang didapatkan dari sosialisasi yang dilaksanakan yaitu bertambahnya pengetahuan

pelaku UMKM mengenai pemasaran secara online atau digital marketing. Selain itu

setiap pelaku UMKM yang mengikuti sosialisasi juga dapat membuat foto yang menarik

untuk produk mereka dan juga mampu melakukan identifikasi kebutuhan konsumen atau

pasar, pemilihan target konsumen atau pasar, penggunaan media elektronik untuk

pemasaran.

Referensi

Maulana, A. (2023, Agustus 14). Universitas Padjadjaran. Diambil kembali dari https://www.unpad.ac.id/2023/08/mahasiswa-edukasi-pelaku-umkm-desa-mekarsari-akan-pentingnya-pencatatan-keuangan/

Mochamad Rifqi Hananto, I. B. (2023). Digitalisasi Produk UMKM Masyarakat Kelurahan Karangtalun Guna Meningkatkan Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Penta Helix. Jurnal IKRATH-ABDIMAS, Vol 6 No 1.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Fatwa, N., Hary rizki, & Ria Sri Mulyan. (2024). Strategi digitalisasi untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan produk UMKM di Desa Mekars. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–7. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5491

Terbitan

Bagian

Articles