Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Anak RW 10 Desa Panyadap
Kata Kunci:
Pembelajaran, Ilmu Tajwid, Membaca, Al-Qur'anAbstrak
Membaca Al-Qur'an merupakan amalan yang sangat istimewa dan mulia. Al-Qur'an tidak semestinya dibaca secara sembarangan. ada aturan yang mengatur tentang tatacara membaca Al-Qur’an yang telah dijelaskan dalam ilmu tajwid. Penggunaan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an menjadi syarat utama agar bacaan Al-Qur’an menjadi tepat, fashih dan benar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada anak-anak melalui pembelajaran ilmu tajwid yang dilaksanakan di Desa Panyadap tepatnya di Rt 01/Rw 10 Mesjid Al-Bayyinah dengan melibatkan 30 anak berusia 7-15 tahun. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode Tahsinul Qur’an. Dengan metode Tahsin ini kami Mahasiswa KKN membacakan Al-Qur’an dengan tartil dan menjelaskan hukum bacaan yang terkandung dalam ayat yang telah dilantunkan. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak, terutama dalam hal pelafalan huruf, panjang pendek bacaan, dan tanda baca pada Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ilmu tajwid yang kreatif dan menyenangkan dapat memotivasi anak-anak untuk belajar Al-Qur'an.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jabal Syukur Jabal, Abdulloh Jalaluddin Syah Abdul, Dewi Kania Dewi, Mutiara 'Aini Mutiara
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.