Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Anak RW 10 Desa Panyadap

Penulis

  • Jabal Syukur Jabal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdulloh Jalaluddin Syah Abdul UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Kania Dewi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mutiara 'Aini Mutiara UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran, Ilmu Tajwid, Membaca, Al-Qur'an

Abstrak

Membaca Al-Qur'an merupakan amalan yang sangat istimewa dan mulia. Al-Qur'an tidak semestinya dibaca secara sembarangan. ada aturan yang mengatur tentang tatacara membaca Al-Qur’an yang telah dijelaskan dalam ilmu tajwid. Penggunaan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an menjadi syarat utama agar bacaan Al-Qur’an menjadi tepat, fashih dan benar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada anak-anak melalui pembelajaran ilmu tajwid yang dilaksanakan di Desa Panyadap tepatnya di Rt 01/Rw 10 Mesjid Al-Bayyinah dengan melibatkan 30 anak berusia 7-15 tahun. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode Tahsinul Qur’an. Dengan metode Tahsin ini kami Mahasiswa KKN membacakan Al-Qur’an dengan tartil dan menjelaskan hukum bacaan yang terkandung dalam ayat yang telah dilantunkan. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak, terutama dalam hal pelafalan huruf, panjang pendek bacaan, dan tanda baca pada Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ilmu tajwid yang kreatif dan menyenangkan dapat memotivasi anak-anak untuk belajar Al-Qur'an.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

Jabal, J. S., Abdul, A. J. S., Dewi, D. K., & Mutiara, M. ’Aini. (2024). Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Anak RW 10 Desa Panyadap. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(3), 1–7. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5355

Terbitan

Bagian

Articles