Kontribusi Mahasiswa KKN 154 dalam Upaya Membantu Mengajar di SDN Ciawigede Desa Neglasari Majalaya

Penulis

  • Elsa Elsa Yopiana Rosa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M Sehan Faqih A Faqih A UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tika Hertika Hertika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pendidikan di desa Neglasari khususnya di SDN Ciawigede yang menunjukkan akan kebutuhan dukungan tambahan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan  menganalisis kontribusi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 54 dalam upaya membantu proses kegiatan belajar mengajar di SDN Ciawigede, Desa Neglasari, Majalaya. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pembelajaran kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa KKN 154 telah memberikan kontribusi aktif dalam beberapa aspek termasuk pengajaran langsung di dalam kelas. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa mahasiswa KKN 154 tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan, akan tetapi diharapkan dengan keterlibatannya mahasiswa KKN 154 di SDN Ciawigede ini dapat memberikan dampak positif bagi sekolah dan masyarakat setempat. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa KKN yang membantu guru mengajar memiliki efek positif pada perkembangan pendidikan di sekolah dasar. Selain itu, refleksi dan evaluasi yang dilakukan oleh siswa KKN dapat mendorong perbaikan pendidikan yang berkelanjutan.

Referensi

Ali, Hamdani. 2001. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta.

Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. "SDN CIAWIGEDE", https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/98D4BF0AB4A2CB10C133, diakses pada 15 September 2024.

Megawati, and Nurfitri. 2023. "PERAN MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN) DALAM BIDANG PENDIDIKAN SEBAGAI WUJUD PENGABDIAN DI DESA AIR TERJUN." SWARNAJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 204-208.

Najah, Triwid Syafarotun, Indah Pebrianti, Hafid Rifaat, Ulfah Kamaliah, Rizki Irawan, Rian Hidayatulloh, Widia Sari, et al. 2023. "Peran Mahasiswa KKN Dalam Membantu Kegiatan Proses." Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 4193-4200.

Pasang, Agustina. 2024. "KONTRIBUSI PEMIKIRAN JOHN DEWEY MENGENAI PEMBELAJARAN BERBASIS." PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 64-80.

Black, Paul, and Dylan Wiliam. "Developing the Theory of Formative Assessment." Educational Assessment, Evaluation and Accountability 21, no. 1 (2009): 5-31. https://doi.org/10.1007/s11092-008-9068-5.

Freeman, Scott, Sarah L. Eddy, Michael McDonough, Mark K. Smith, Nkiru Okoroafor, Heather Jordt, and Margaret P. Wenderoth. "Active Learning Increases Student Performance in Science, Engineering, and Mathematics." Proceedings of the National Academy of Sciences 111, no. 23 (2014): 8410-8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111.

Ginsburg, Herbert P., Julie S. Lee, and Jennifer S. Boyd. "Mathematics Education for Young Children: What It Is and How to Promote It." Social Policy Report 20, no. 1 (2006): 3-22.

Joyce, Bruce, and Marsha Weil. Models of Teaching. 9th ed. Pearson Education, 2015.

Mishra, Punya, and Matthew J. Koehler. "Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge." Teachers College Record 108, no. 6 (2006): 1017-1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x.

Cohen, Louis, Lawrence Manion, and Keith Morrison. Research Methods in Education. 7th ed. Routledge, 2011.

Fraenkel, Jack R., and Norman E. Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. 7th ed. McGraw-Hill, 2009.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Elsa Yopiana Rosa, E., Faqih A, M. S. F. A., & Hertika, T. H. (2024). Kontribusi Mahasiswa KKN 154 dalam Upaya Membantu Mengajar di SDN Ciawigede Desa Neglasari Majalaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–14. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5252

Terbitan

Bagian

Articles