Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktvitas Keagamaan DI SDN Pakuhaji III

Penulis

  • Syifa Fadia Rusdianti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nur Fitria Sya'bani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Karakter, Pembiasaan, Religius, Aktivitas, Keagamaan, Pembentukan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana karakter religius siswa yang dikembangkan di SDN Pakuhaji III dan bagaimana pembentukan karakter melalui pembiasaan aktivitas keagamaan. Jenis dan pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yaitu studi kepustakaan. Sumber data diperoleh melalui observasi dan penelitian yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus akan menghasilkan karakter siswa. Terlihat dari perbuatan dan perkataan di lingkungan sekolah. Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan aktivitas keagamaan melalui doa bersama sebelum dan sesudah pembelajaran, pelaksanaan shalat dhuha bersama-sama, pembacaan surat Yasin, pembiasaan Salam, salim, sapa, senyum, sopan dan santun. Karakter religius yang terbentuk melalui pembiasaan aktivitas keagamaan. Pembiasaan karakter religius ini akan semakin terlihat jika pada pelaksanaannya terdapat kerjasama antara orang tua dan guru. Peran orang tua dibutuhkan pada saat siswa berada di lingkungan rumah dan peran guru dibutiuhkan pada saat siswa berada di lingkungan sekolah. Sehingga siswa terus dalam pantauan baik itu di sekolah maupun di rumah.

Referensi

Amelia, N., Dilla, S, F., Fahira, Z., & Darlis A. (2023). Efektivitas Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 421-426.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kahfi, A. (2020). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2),138-151.

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Mulyasa, E. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55-66.

Suyanto, (2013). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Rusdianti, S. F., & Sya’bani, N. F. (2024). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktvitas Keagamaan DI SDN Pakuhaji III. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–8. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5174

Terbitan

Bagian

Articles