Program Rumah Ceria Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Ciater

Penulis

  • Salma Tsarwa Musyarofah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azkiya Binuri Fahmi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Delliza Oktaviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Ismunandar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • R Bagus Armana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pendidikan, anak-anak, rumah ceria

Abstrak

Program Rumah Ceria merupakan inisiatif pendidikan nonformal yang diadakan oleh mahasiswa KKN UIN Bandung di Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak-anak dengan menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, mendukung, dan merangsang perkembangan kreativitas mereka. Melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR), program ini berupaya menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, mendukung, dan merangsang perkembangan kreativitas anak-anak. Pelaksanaan Program Rumah Ceria meliputi berbagai kegiatan, seperti pembelajaran langsung, pembelajaran berbasis audio-visual, dan kegiatan kreatif yang dirancang untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan sosial anak. Program ini berhasil mengembangkan keterampilan sosial, nilai keagamaan, kreativitas, dan pemahaman anak-anak tentang pentingnya manajemen waktu dalam belajar. Program Rumah Ceria tidak hanya meningkatkan motivasi belajar, tetapi juga menjadi model pendidikan yang relevan untuk wilayah lain dengan tantangan serupa, sehingga membuka kesempatan lebih luas bagi anak-anak untuk mencapai potensi maksimal dan masa depan yang lebih baik.

Referensi

Afandi, A. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat.

Afifah, A. W., & Yudha, R. K. (2022). Pengabdian Masyarakat Dalam Kegiatan Belajar Anak-Anak Di Kelurahan Suka Merindu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 113-118.

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, R., Septriyani, W., Safitri, J., & Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah kerja nyata: pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663-676.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.

Anisyah, N., Marwah, S., & Yumarni, V. (2023). Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Akhlak Anak Pra Sekolah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 287-295.

Aritonang, L. A., & Elsap, D. S. (2018). Analisis faktor yang mempengaruhi peningkatan karakter dan motivasi belajar anak melalui pendidikan non formal (Studi kasus di bimbingan belajar aljabar). Jurnal Pendidikan Nonformal, 13(2), 85-91.

Asra, R., Naswir, M., Nazarudin, M., & Kalsum, U. (2018). Peningkatan Kualitas Pendidikan untuk Anak Suku Anak Dalam di Dusun Selapik, Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 1(1), 2-8.

Iman, A. M., & Ulfi, R. A. (2021). Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-Anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis, Bojong Gede. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(58).

Mawaddah, N., Nur, A., & Nurul, Z. (2022). Pengabdian dan pengajaran sebagai hakikat pendidik dalam pendidikan Islam. Abdi Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 27-33.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Refli Sutejo, Azizah, H., & Didi, T. Pelaksanaan Pembelajaran Pada Program Diniyah Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Permata Baru Indralaya utara KAb. Ogan Ilir.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service learning: Mengintegrasikan tujuan akademik dan pendidikan karakter peserta didik melalui pengabdian kepada masyarakat. Bakti Budaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 143.

Wibawa, S. (2017). Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat). Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta, 29, 01-15.

Yasa, I. M. A. (2021). Optimalisasi Pengabdian Masyarakat Pada Sekolah PAUD Binaan. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 179-187.

Abidin, Zainal, Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Al-Attas, Muhammad Naquib, Islam dan Sekularisme, Terj. Karsidjo Djoyosuwarno, Bandung: Pustaka, 1981.

Ash-Shiddiqiey, Hashby, Tafsir An-Nuur, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-14

Cara Mengutip

Musyarofah, S. T. ., Fahmi, A. B., Delliza Oktaviani, Muhammad Ismunandar, & Armana, R. B. . (2024). Program Rumah Ceria Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Ciater. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(3), 1–10. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5159

Terbitan

Bagian

Articles