Pemberdayaan UMKM Desa Pasirhalang melalui Strategi Branding Equity dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan

Penulis

  • Muhamad Fany Firmansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zakia Qurota Ayuni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hermalia Rizki Septiani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sami Irhamnillah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sumiati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Branding Equity, Digital Marketing, Pasirhalang, UMKM

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ekonomi Desa Pasirhalang melalui perkembangan UMKM yang terdapat di Desa. Tujuan penelitian ini untuk menjawab hambatan UMKM. Teridentifikasi bahwa pelaku UMKM masih minim pengetahuan mengenai pemasaran serta terdapat sifat tertutup pelaku UMKM atas gagasan baru dengan lingkungan yang berubah begitu cepat sehingga kesulitan dalam beradaptasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode pengabdian berbasiskan pemberdayaan masyarakat melalui pengenalan strategi branding equity dan digital marketing. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan mengenai pentingnya pemasaran melalui strategi branding equity dengan memperkuat brand image berupa logo, merek dan foto produk sehingga membentuk branding equity yang kuat dan konten digital untuk digital marketing yang mampu membantu UMKM memperluas jangkauan pasar dengan menarik minat konsumen agar terjadi pembelian secara masif yang berdampak pada peningkatan penjualan sehingga mampu meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM.

Referensi

Arif Kurniawan, S. S. (2014). PENGARUH STRATEGI CO-BRANDING, BRAND EQUITY TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND PREFERENCE. JIAB: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7.

Ginanjar Abdurrahman, H. O. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT MANAGE VOL. 1. NO. 2, 88-92.

Lee, J. C. (2011). Examining the role of emotional and functional values in festival evaluation. Journal of Travel Reserch, 50.

LP2M. (2024). Petunjuk Teknis KKN SISDAMAS UIN SGD Bandung. Bandung: Pusat Pengabdian kepada Masyarakat LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Maharani Kidung Pertiwi, M. (2023). PERANCANGAN BRAND IDENTITY UMKM JAMU SABAY. Junal Desgrafia, Vol. 1 No. 1, 199-212.

Muljanto Silajadja, P. M. (2023). Pemanfaatan Media Sosial (Digital Marketing) untuk Pemasaran Produk UMKM. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global Vol.2, No.2, 88-100.

P.K. Kannan. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. Elsevier: International Journal of Research in Marketing vol 34 No 17, 22-45.

Philip Kotler, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Syaifulloh, M. (2021). Strategi Program Technopreneurship dan Marketing Public Relation terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 5.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Firmansyah, M. F., Ayuni, Z. Q., Septiani, H. R., Irhamnillah, S., & Sumiati. (2024). Pemberdayaan UMKM Desa Pasirhalang melalui Strategi Branding Equity dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–15. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5108

Terbitan

Bagian

Articles