Tingkatkan Kesejahteraan UMKM: Bersama Program Kerja KKN 209 UIN Bandung Mengenai Ekonomi Kreatif Melalui Inovasi Usaha Kawat Bulu
Kata Kunci:
KKN, UMKM, ekonomi kreatif, inovasi, kawat bulu, pemberdayaan, desain produk, pemasaran digital, jaringan kerjasama.Abstrak
Program KKN 209 UIN Bandung berfokus pada peningkatan kesejahteraan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Cikuya melaluipengembangan ekonomi kreatif. Penelitian ini secarakhusus menitikberatkan pada inovasi usaha kawat bulu, sebuah kerajinan tangan yang memiliki potensi besaruntuk dikembangkan. Melalui serangkaian kegiatan, seperti pelatihan, pendampingan, dan pengembanganproduk, diharapkan dapat meningkatkan nilai tambahproduk kawat bulu, memperluas jaringan pemasaran, serta memberdayakan masyarakat desa. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi observasi, wawancara, dan pelatihan. Data yang diperolehkemudian dianalisis untuk merumuskan strategipengembangan usaha yang tepat. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa dengan penerapan inovasi pada desain produk, penggunaan media sosial sebagaiplatform pemasaran, serta pengembangan jaringankerjasama, UMKM kawat bulu dapat meningkatkankapasitas produksi dan daya saing produk kawat bulu.Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwainovasi usaha kawat bulu memiliki potensi yang sangatbesar untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar, sekaligusmelestarikan kekayaan budaya lokal.
Referensi
Nanda, M. A., Sugandi, W., Yusuf, A., Amaru, K., & Maulana, A. S. (2024). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENDORONG KEMANDIRIAN PADA BIDANG EKONOMI, KESEHATAN, PERTANIAN, DAN PETERNAKAN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(3), 2710-2721.
Martono, S., & Febriyanti, R. (2023). Pengaruh Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Kinerja UMKM di Kota Salatiga. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 153-168.
Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1-13.
Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 01-08.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Farida Hasanah, Annasya Bulan Merdika, Safira Putri Maulida, Rida Mariska, Karinan Novia Rohali
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.