Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Keripik Pisang Di Desa Nagrog Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen Yang Luas

Penulis

  • Syahrul Nur Aziz Syahrul UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

UMKM, kripik pisang, kemasan

Abstrak

Pisang merupakan tanaman yang dapat tumbuh di lingkungan tropis seperti Indonesia. Di Indonesia, pisang merupakan tanaman yang biasa dikonsumsi setiap hari, mulai dari konsumsi langsung hingga pengolahan khusus, sehingga sangat digemari masyarakat. Pendampingan dan pembuatan kripik pisang di Desa Nagrog adalah dengan memanfaatkan buahnya yang belum matang dengan cara mengupasnya lalu meniris titpis-tipis, menggorengnya dan terakhir proses pengemasan produk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemasan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) keripik pisang di Desa Nagrog agar dapat meningkatkan penjualan dan memperluas daya tarik konsumen. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pendampingan teknis, serta pelatihan pengemasan modern dengan menambahkan elemen branding seperti logo, informasi produk, dan desain yang menarik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa kemasan yang lebih estetis dan fungsional mampu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar produk keripik pisang. UMKM yang terlibat dalam program ini berhasil meningkatkan kualitas kemasan secara signifikan, yang berdampak pada peningkatan daya tarik produk dan penerimaan yang lebih luas di pasar lokal dan nasional.

Referensi

Aryani, M., Septika, B. H., Krisnahadi, T., & Ilhamalimy, R. R. (2022). Pelatihan Pengemasan dan Labeling Produk untuk Meningkatkan Kemampuan Manajemen Pemasaran bagi UKM Kale Cookies. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 3(3): 577-583.

Hidayatulloh, A. H., Kristiana, R. D., Prabowo, A., Geza H, A., Muflihati, I., & Suhendriani, S. (2022). Penerapan online & offline marketing terstruktur serta perbaikan desain kemasan guna meningkatkan daya saing UMKM King Keripik

di Kabupaten Batang. Riau Journal of Empowerment, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31258/raje.5.1.1-12.

Ratnaningtyas, H., Maulana, A., & Nofiyanti, F. (2023). Pengembangan Usaha Keripik Pisang Kelompok Anggrek Karya Cacat Bersama Kampung Beting Muara Gembong Bekasi. Rahmat Ingkadijaya Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.30647/jpp.v30647/jpp.v5i1.1705.

Mahuda, I., Kusuma, A. C., & Meilisa, R. (2021). Pengenalan Dan Pendampingan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Lialang-Serang. Indonesian Journal of Engagement, Comunity Services, Empowerment and Development, 1(1), 50–5w

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Syahrul, S. N. A. (2024). Peningkatan Kualitas Packaging Produk UMKM Keripik Pisang Di Desa Nagrog Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen Yang Luas. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–11. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/4700

Terbitan

Bagian

Articles