Penerapan Strategi Digital Marketing Pada UMKM “KJ Sepatu” di Desa Sumbersari Melalui Media Sosial Instagram
Kata Kunci:
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM, InstagramAbstrak
Artikel ini membahas tentang penerapan strategi digital marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sumbersari, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan pengetahuan dan sumber daya UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menerapkan strategi digital marketing yang efektif untuk meningkatkan daya saing UMKM, khususnya UMKM "KJ Sepatu". Metode pengabdian yang diterapkan pada penelitian ini ialah metode Sisdamas yang berbasis pemberdayaan masyarakat, yaitu program kerja yang dilaksanakan dan mengacu pada kondisi masyarakat dan wilayah dampingan KKN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing, seperti penggunaan media sosial Instagram, dapat membantu UMKM memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Namun, tantangan seperti kurangnya pengetahuan teknologi dan keterbatasan infrastruktur masih ada. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya edukasi dan pendampingan berkelanjutan bagi UMKM untuk mengoptimalkan strategi digital marketing. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kolaborasi antara pemerintah, komunitas, dan sektor swasta untuk mendukung transformasi digital UMKM demi meningkatkan perekonomian lokal.
Referensi
Fazra El Ghifari, Luthfia, Moh Supendi, and Universitas Muhammadiyah Hamka. 2024. “Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Café” 16 (3): 504–12.
Meilya, Siska PM, and Umar Burhan. n.d. “Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK) PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM MAKANAN DAN MINUMAN KHAS GRESIK.”
Pebrina Swissia, Oleh. 2023. “OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN BRANDING PADA UMKM TEMPE MBAH MUL DI DESA PURWOTANI.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (8). http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI.
Sagita, Nafa Grilda, Maulidiyah Kartikasari, Maulana Hussein Asyrofi, and Kinanti Resmi Hayati. 2022. “Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.” Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 2 (4): 1325–32. https://doi.org/10.54082/jamsi.430.
Taufiq, Muhammad, Maesaroh Lubis, and Gunawan Refiadi. 2023. “Optimalisasi Bisnis Digital Dengan Pendampingan Sebagai Perencanaan Strategi Pemasaran UMKM Ranting Muhammadiyah Tasikmalaya.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (3): 1737–44. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5105.
Vania Regita Lailia, and Jojok Dwiridotjahjono. 2023. “Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma.” Jurnal of Management and Social Sciences 1 (2): 01–10. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i2.161.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yuni Mardiyana, Alimudin, Syahrani Ananda Lestari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.