Efektivitas Program Taman Belajar Masyarakat dengan Metode Sekolah Alam di Desa Cikarang Kota

Penulis

  • Via Yanti Komala UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Imam Ghozali Budi Harjo UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan, Sekolah Alam, Taman Belajar Masyarakat

Abstrak

Pembelajaran secara daring menjadi salah satu akibat dari adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan anak-anak menjadi jenuh dan terikat dengan gadget. Dalam menyikapi hal tersebut, mahasiswa KKN-DR kelompok 278 mengadakan program kerja Taman Belajar Masyarakat dengan memanfaatkan lingkungan yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran, yaitu dengan menggunakan metode sekolah alam. Sekolah alam merupakan suatu konsep pengembangan pendidikan secara alami di lingkungan alam yang terbuka. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pada anak bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Metodologi pengabdian dilakukan menggunakan siklus-siklus dalam metode berbasis pemberdayaan masyarakat dan penelitian PAR (Participation, Action, and Research). Hasil dari kegiatan yang dilakukan adalah anak-anak menjadi sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap kegiatan TBM. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah alam merupakan konsep yang efektif diterapkan guna mengembangkan potensi yang dimiliki anak terkait kreativitas, pengendalian diri, kecerdasan, hingga keterampilan. Teori yang digunakan yaitu teori struktural fungsional yang dikemukakan oleh Talcott Parsons.

 

Referensi

Kalida, Muhsin. 2012. Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Yogyakarta: Aswaja

Lendonovo, Septriana. 2009. Sebuah Novel Tentang Dia.Penggagas Sekolah Alam. Bogor: SoU Publisher

Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Santoso, S. B. 2010. Sekolah Alternatif, Mengapa Tidak? Yogakarta: Diva Press

Sardiman M. A. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Yuliawati, Sri. 2012. Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Tahun 29 Nomor 318.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Komala, V. Y. ., & Harjo, I. G. B. . (2021). Efektivitas Program Taman Belajar Masyarakat dengan Metode Sekolah Alam di Desa Cikarang Kota. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(33), 144–158. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/433

Terbitan

Bagian

Articles