Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Anak Melalui Kegiatan Magrib Mengaji

Penulis

  • Akbar Nurhasan Basri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Amung Ahmad Syahrir Muharam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Meningkatkan, hafalan, anak

Abstrak

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an dan sebaik-baik usia adalah usia keemasan. Kendatipun demikian banyak pengajian-pengajian di kampung yang tidak maksimal mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak terutama dalam hal menghafalnya. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an Juz 30 pada anak melalui kegiatan Magrib Mengaji. Metode pengabdian ini menggunakan participation action research. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui penerapan model menghafal Al-Qur’an yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: 1) Talaqqi 2) Tikrar 3) Ta Akhi/Ta Ukhti 4) Setoran Ke Guru dan 5) Murajaah. Penerapan model ini dimulai sejak refleksi sosial, perencanaan partisipatif, hingga pelaksanaan program. Keberhasilan pengabdian ini dilihat dari meningkatnya hafalan Al-Qur’an anak-anak yang mengikuti magrib mengaji. Adapun indikator peningkatan hafalan Al-Qur’an anak-anak meliputi peraihan juara 1 dan 2 lomba tahfidz yang dimenangkan oleh anak yang mengikuti kegiatan magrib mengaji. Pengabdian ini menyimpulkan model menghafal Al-Qur’an yang terdiri dari 5 tahapan metode ini memiliki pengaruh bagi peningkatan hafalan Al-Qur’an anak-anak.

Referensi

Praktis Menghafal al-Qur’an. Jakarta:Bumi Aksara.

Alex Sobur. (2010). Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Dina Y. Sulaeman. (2007). Mukjizat Abad 20: Doktor Cilik Hafal dan Paham Al-Qur’an. Depok: Pustaka Iman.

Hasan bin Ahmad Hasan Hammam. (2007). Perilaku Nabi SAW Terhadap Anak-Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Maitsa Ulinnuha Assalwa. (2017). Efektivitas Metode Tikrar dalam Program Hifzul Qur’an Santri Madrasah Aliyah Ponpes Al Iman Muntilan Magelang. SKRIPSI. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Rahmat Dan Mira Mirnawai. (2020). Model Participation Action Risearch Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Sa’dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Zakizamani dan Muhammad Syukfron Maksum. (2009). Menghafal Al Qur’an Itu Gampang Belajar dari Maestro Al Qur’an Nusantara. Yogyakarta: Mutiara Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-03

Cara Mengutip

Basri, A. N., & Muharam, A. A. S. (2021). Upaya Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Anak Melalui Kegiatan Magrib Mengaji. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(5), 1–11. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/42

Terbitan

Bagian

Articles