Meningkatkan Kualitas Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 dengan Membangun Sarana Saung Baca Kragilan

Penulis

  • Dadan Anugrah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faisal Hardiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • masita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mufid Karim Amarul Haq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Vidya Astuti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran daring, Motivasi belajar siswa, pengabdian

Abstrak

Wabah covid-19 menjadikan pembelajaran dalam dunia pendidikan berubah drastis dari secara tatap muka (Luring) menjadi pembelajaran jarak jauh (Daring). Perubahan ini menjadikan tenaga pengajar dan siswa kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar yang diakibatkan oleh keterbatasaan jaringan internet, smartphone yang kurang mendukung, gagap teknologi, hingga buta aksara. Hal-hal tersebut memengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring, untuk itu diperlukan suatu sarana yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring yaitu Saung Baca Kragilan. Menggunakan metode pendekatan penelitian aksi partisipatif, pemberdayaan kembali Saung Baca Kragilan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di Desa Pematang khususnya siswa sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya siswa dan belajar ke Saung Baca Kragilan serta dukungan dari orang tua serta guru sekolah setempat.

Referensi

Anita Wardani, Y.A (2021). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 775.

Dyan Sukma Sari. (2016). Hubungan Kemampuan Motorik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol 04 No 03,557

Haryono (2021). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Sukabumi: CV Jejak

Indrawan. (2012). Pengantar Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kurniawan, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Lutfi Gilang.

Master, A. &. (2012). Minimal Groups Increase Young Children's Motivation. Wiley Online Library.

REDAKSI. (2020, Oktober 29). Relawan Saung Baca Kragilan Komitmen Bangun Media Literasi. Retrieved from majalahteras.com : https://majalahteras.com/relawan-saung-baca-kragilan-komitmen-bangun-media-literasi

Suwandi. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Taufik, A. P. (2016). Pendidikan Anak di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-20

Cara Mengutip

Anugrah, D., Hardiansyah, F., masita, Haq, M. K. A. ., & Astuti, V. (2021). Meningkatkan Kualitas Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 dengan Membangun Sarana Saung Baca Kragilan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(26). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/415

Terbitan

Bagian

Articles