Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Jempol Sebagai Potensi Peningkatan UMKM di Rw 06 Kelurahan Manggahang

Penulis

  • Adam Fatahilah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Alviani Raditya Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ervan Herdiansyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fina Restiean Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Odang Odang Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pemberdayaan UMKM, Digital Marketing, Pengembangan Produk

Abstrak

Artikel ini dilatarbelakangi karena para pelaku usaha UMKM di daerah RW 06 Kelurahan Manggahang, mereka masih melakukan pemasaran secara tradisional tetapi belum terjun dalam pangsa pasar online. Maka dari itu kami para mahasiswa KKN bertujuan untuk melakukan pemberdayaan pada salah satu pelaku UMKM di daerah Kelurahan Manggahang RW 06. Strategi yang kami gunakan untuk memberdayakan produk UMKM adalah dengan berfokus pada branding agar customers dapat mengetahui identitas produk. Kemudian, para mahasiswa membantu untuk meluaskan pangsa pasar dengan cara mengenalkan digital marketing. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pemberdayaan ini adalah menciptakan spirit kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan melakukan konsistensi dalam mengembangkan usahanya.

Referensi

Agustina, T. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Gumilang, R. r. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Jurnal Ilmiah Manajemen.

Halizah, A. N., Sahli, Z. M., Tamara, M. A., Permatasari, H., & Indragosa, M. M. (2020). Strategi Pengembangan Produk Unggulan Kerupuk Pulo sebagai Potensi Peningkatan UMKM / Ekonomi di Kelurahan Blangke, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Kumpulan Artikel KKN BMC UNNES 2020, 1-8.

Lamb, C. W. (2006). Marketing Managemen. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Mubaryo. (1999). Reformasi Sistem Ekonomi: Dari Kapitalis Menuju Ekonomi Kerakyatan. Yogyakarta: Aditya Media.

Philip, K. (2003). Dasar Dasar Pemasaran Edisi 9. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Putra, A. H. (2009). Aplikasi E-Commerece. Telkom politechnik.

Sunariani, N. N. (2017). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Program Binaan Di Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-08

Cara Mengutip

Fatahilah, A., Nugraha, A. R., Herdiansyah, E., Restiean, F., & Odang, O. (2021). Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Jempol Sebagai Potensi Peningkatan UMKM di Rw 06 Kelurahan Manggahang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(32), 7–15. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/352

Terbitan

Bagian

Articles