Penembangan Kurikulum Agama Islam dan Implementasinya di Madrasah Al-Hikmah di Desa Cipulus RT/RW. 02.03/10

Penulis

  • Aura Dewiandaru Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Azmi Nur Izzah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fathan Aulia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Teguh Hadi Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Endah Ratna Sonya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kurikulum, Pendidikan, Pelayanan

Abstrak

Kurikulum adalah program yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu parameter keberhasilan dan mutu pendidikan. Kurikulum akan selalu berkembang, dan mengikuti perkembangan zaman dan masyarakat. Oleh karena itu, suatu lembaga pendidikan yang merupakan bagian dari masyarakat harus selalu melihat perkembangan masyarakat sebagai sumber belajar sebagai salah satu pertimbangan dalam mempersiapkan pengembangan kurikulum lembaga atau lembaganya. Tanpa memperhitungkan perkembangan kehidupan masyarakat sebagai pengalaman sosial dan budaya yang beragam. Selain melihat perkembangan zaman dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum, juga harus melihat prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Prinsip-prinsip pengembangan tersebut menjadi dasar pengembangan kurikulum agar kurikulum tidak mengalami bias dan menghasilkan kurikulum yang komprehensif. Salah satu komponen yang sering dijadikan sebagai faktor penyebab turunnya mutu pendidikan adalah kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan format kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat memberikan nilai lebih bagi peserta didik dalam suatu pendidikan sehingga pembelajaran tidak hanya berkesan sebagai transfer ilmu. Hasil penelitian menyatakan bahwa bentuk pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang relevan dengan pembelajaran agama adalah kurikulum yang di dalamnya terkandung beberapa nilai moral dalam setiap mata pelajaran yang ingin dicapai.

Referensi

Sugiana A. 2019. Perkembangan kurikulum Pendidikan agama Islam dan Implementasi di MTS Nurul Ummah Yogyakarta.

Noorjanah. 2017. Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam

Syabani M. 2018. Perkembangan kurikulum Pendidikan agama Islam dalam perspektif Pendidikan nilai

Nurmadinah MA. 2014. Kurikulum Pendidikan Agama Islam.jurnal Al-afkar. Vol. 3(2)

Hermawan D. 2020. Konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan islam. Jurnal Muraddisuna. Vol. 10(1)

Mansur R. 2016. Pengembangan kurikulum agama islam multikultural. Jurnal pendidikan dan keislaman. Vol. 10(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-08

Cara Mengutip

Dewiandaru, A., Izzah, A. N. ., Aulia, F., Prasetyo, T. H., & Sonya, E. R. . (2021). Penembangan Kurikulum Agama Islam dan Implementasinya di Madrasah Al-Hikmah di Desa Cipulus RT/RW. 02.03/10. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(15), 31–44. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/326

Terbitan

Bagian

Articles