Pemberdayaan UMKM Kerajinan Bogem dengan Aplikasi Shopee dan Instagram sebagai Peningkat Pemasaran di Era Digital

Penulis

  • Ahmad Yumni Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Miftahul Firdaus Program Studi Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elis Karwati Sri Mulyani Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Al Umammah Al Umammah Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dadan Anugrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kerajinan Bogem, UMKM, Digital, Marketplace

Abstrak

Media digital telah berkembang ke berbagai sektor, termasuk sektor bisnis. UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) adalah salah satu pihak yang sering sekali memanfaatkan media digital dalam promosi dan pemasaran produknya. Salah satunya adalah UMKM kerajinan Bogem. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM Kerajinan Bogem agar mampu mengembangkan eksistensinya di kancah bisnis nasional dengan pengembangan strategi promosi dan pemasaran yang lebih luas melalui media digital, yakni marketplace Shopee dan Media Sosial Instagram. Metodologi pelaksanaan yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil pengabdian dalam penelitian pada UMKM Kerajinan Bogem ialah telah dibuatnya media promosi dan pemasaran secara digital melalui marketplace Shopee dan media sosial Instagram. Pengabdian ini diharapkan dapat mengembangkan eksistensi kerajinan bogem di mata konsumen dan masyarakat secara luas sehingga jangkauan penjualan dapat meningkat dan keberadaan kerajinan Bogem dapat dimaksimalkan dengan baik.

Referensi

Bisri, C. H. (2017). Model Penelitian Fiqh. Bandung: Madrsah Malem Reboan.

Gunadi, A. (2003). Distribusi Spasial UMKM di Masa Krisis Ekonomi. Jurnal Ekonomi Rakyat.

Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. Jakarta: Mediakita.

Kartini, H. N. (1994). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Moleong, L. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan. Jurnal EKBIS, 10(2).

Widayani, E. S. (2020). Marketplace Shopee sebagai. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), Jurnal Pemasaran Kompetitif.

Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6(2), 43-48.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-04

Cara Mengutip

Yumni, A., Firdaus, M., Mulyani, E. K. S. ., Al Umammah, A. U., & Anugrah, D. (2021). Pemberdayaan UMKM Kerajinan Bogem dengan Aplikasi Shopee dan Instagram sebagai Peningkat Pemasaran di Era Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(15), 1–13. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/323

Terbitan

Bagian

Articles