Optimalisasi Pendidikan Anak di Masyarakat dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Anak-anak Kp. Kebayunan Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok)

Penulis

  • Muthmainnah Muthmainnah Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mely Niya Abidin Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Paryati Paryati Prodi Ilmu Komunikasi-Humas, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hasniah Aliah Prodi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

pengabdian pada masyarakat, pendidikan anak, pembelajaran, Pandemic Covid-19

Abstrak

Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pendidikan anak dalam masa pandemi covid-19. Kajian pengabdian meliputi pengembangan potensi kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pengabdian dilakukan dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah menggunakan sistem pemberdayaan masyarakat (KKN-DR Sisdamas). KKN DR dilakukan di lingkungan Kampung Kebayunan, di mana anak-anak ini mengalami kesulitan belajar karena minimnya pengetahuan orangtua tentang Pendidikan Dalam Jaringan (daring) dan kurangnya waktu serta kemampuan orang tua untuk membimbing anaknya belajar dari rumah. Dengan adanya kegiatan pemberian pelajaran tambahan di luar jam sekolah, para pengabdi dapat membantu mengefektifkan dan mengoptimalkan pembelajaran anak-anak agar dapat lebih menguasai dan memahami lebih dalam lagi materi pelajaran yang disampaikan guru melalui pembelajaran daring

Referensi

Tim Penulis Pusat Pengabdian kepada masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa wabah Covid-19. Bandung.

Sugiyono. 2015. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. Bandung: Alfabeta.

Etika Widi Utami. 2020. KENDALA DAN PERAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Diterbitkan

2021-12-04

Cara Mengutip

Muthmainnah, M., Abidin, M. N., Paryati, P., & Aliah, H. (2021). Optimalisasi Pendidikan Anak di Masyarakat dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada Anak-anak Kp. Kebayunan Kelurahan Tapos Kecamatan Tapos Kota Depok). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(27), 140–147. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/318

Terbitan

Bagian

Articles