Kegiatan Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Dalam Menghidupkan Kegiatan Positif Di Rt.03 Parakan Saat 2 Bandung

Penulis

  • Muhammad Ridwan Alamsyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Z. Mutaqin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN DR Sisdamas, Pemuda, Pemberdayaan, Karang Taruna

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat atau KKN DR-Sisdamas merupakan salah satu program kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengabdikan diri kepada masyarakat yang bertujuan memberdayakan masyarakat agar mampu secara mandiri menyelesaikan permasalahan yang ada. Permalasahan tersebut muncul setelah musyawarah dan dilakukan peninjauan di RT.03 Parakan Saat 2 yakni masuk kedalam bidang keagamaan, ekonomi, dan sosial. Salah satu permasalahan dari segi sosial tersebut ialah para pemuda yang kurang aktif dalam kegiatan sosial dan keorganisasian sekitar terutama dimasa pandemi yang notabennya berada di rumah seharian. Sedangkan dalam bidang keagamaan kurangnya aktivitas pengajian dan dalam bidang ekonomi masih adanya warga yang terdampak pandemic secara ekonomi. Kurangnya partisipasi dari para pemuda yang bergerak aktif dalam menyelesaikan permasalahan ini menjadi masalah utama tersendiri yang harus diatasi terlebih dahulu. Dengan menggunakan metode yang berbasis pemberdayaan para pemuda ini menjadi motor penggerak untuk menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat dengan tergabung kedalam organisasi Karang Taruna. Alhasil para pemudapun terberdayakan dan menghasilkan kegiatan positif yang bermanfaat dan mampu mengatasi permasalahan yang ada.

 

Referensi

Safiah, Sudati Nur. Julipriyanto, Whinarko. 2017. Manfaat Bank Sampah Bagi Masyarakat di Dusun Semali Desa Salamkanci Kecamantan Bandongan Kabupaten Magelang (Study Bank Sampah Semali Berseri). Vol 2 No.2, Unversitas Tidar.

Tim Penulis KKN DR UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020. Petunjuk Tenkis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Masa Wabah Covid-19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Khurriyati, Yulia. Setiawan, Fajar. Minawati, L. Binti. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VIII No.1

Amalia, Andina. Saadah, Nurus. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi Vol. 13 No.2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Alamsyah, M. R. ., & Mutaqin, Z. . (2021). Kegiatan Pemberdayaan Pemuda Karang Taruna Dalam Menghidupkan Kegiatan Positif Di Rt.03 Parakan Saat 2 Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(23), 137–150. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/299

Terbitan

Bagian

Articles