Sosialisasi Dan Edukasi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dan Potensi Sumber Daya Manusia di Desa Tenjolaya

Penulis

  • Dina Indriantika UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Solihin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

potensi, pendidikan, pemberdayaan, pengabdian

Abstrak

Jurnal ini merupakan bentuk pengabdian yang diteliti oleh penulis selama proses KKN-DR Sisdamas mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Desa Tenjolaya. Adapun pembuatan jurnal ini dilatarbelakangi oleh keadaan di Desa Tenjolaya di mana kondisi dan situasi pendidikan dan potensi sumber daya manusia yang menjadi fokus utama. Pada saat ini kondisi pendidikan di Desa Tenjolaya sangat terabaikan di mana anak-anak kecil yang seharusnya fokus belajar justru hanya sibuk bermain. Hal itu dikarenakan kurangnya bimbingan para orang tua, karena para masyarakat di desa tenjolaya lebih fokus bekerja daripada memperhatikan pendidikan anaknya. Sementara itu potensi sumber daya manusia di Desa Tenjolaya kurang terkelola dengan baik karena begitu banyak pemuda yang berpotensi ingin memajukan desa namun kurang terfasilitasi. Oleh, karena itu tujuan mahasiswa di sini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada anak-anak agar mereka lebih termotivasi dan sadar akan pentingnya pendidikan, dan juga mahasiswa berupaya untuk mewadahi para pemuda agar memiliki tempat dan fasilitas untuk memajukan desa dengan cara mengaktifkan kembali karang taruna desa yang sudah lama tidak aktif. Metode yang digunakan yaitu melalui 3 tahap, refleksi sosial, perencanaan program dan pelaksanaan serta eveluasi program. Hasil dari pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu terlihat dari anak-anak seusia SD yang sudah semakin aktif belajar karena termotivasi dan sadar akan pentingnya belajar dan juga potensi sumber daya manusia yang telah terkelola dengan baik dengan dibentuk kembali karang taruna desa untuk periode 2021-2025.

Referensi

Indah, Nirwana,2020. Manajemen Pembangunan Sosial dan Rekayasa. Dalam Scribd diakses dari www.scribd.id

Meildha, Rio. Program Pendidikan Indonesia. Diakses dari www.eprints.umm.ac.id

Ratna Sari, Wida, 2013. Program Kesehatan dalam Scribd diakses dari www.scribd.id

Tim Penulis. Dokumen Profil Desa Tenjolaya

Tim Penulis KKN-DR UIN Sunan Gunung Djati Bandung,2020. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid-19. Bandng : LP2M UIN SGD Bandung

Warisno, W, 2017. Kualitas Pendidikan. Dalam Digital Library Raden Intan diakses dari www.repository.radenintan.ac.id

Tim Penulis, 2020. Potemsi : Pengertian dan Contohnya. Dalam Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta diakses dari www.vokasi.ums.ac.id

Wikipedia. Sumber Daya Manusia. Dalam Wikipedia diakses dari id.m.wikipedia.org

Wikipedia. Metodologi. Dalam Wikipedia diakses dari id.m.wikipedia.org

Wikipedia. Pemberdayaan Masyarakat. Dalam Wikipedia diakses dari id.m.wikipedia.org

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Indriantika, D. ., & Solihin. (2021). Sosialisasi Dan Edukasi Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Dan Potensi Sumber Daya Manusia di Desa Tenjolaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(21), 79–97. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/277

Terbitan

Bagian

Articles